Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Bukti Fisik Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah

Bukti Fisik Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah. Administrasi Pendidikan diartikan sebagai suatu kegiatan untuk mengintegrasikan sumber daya pendidikan sehingga mereka merupakan pusat untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan (Made Pidarta 2008: 4). Sumber daya pendidikan di sini berarti pekerjaan, dana, fasilitas, dan infrastruktur termasuk informasi. Akibatnya, kemampuan manajer untuk melakukan tugas-tugas administrasi adalah untuk mengintegrasikan sumber daya ini. Definisi ini mencakup, tentu saja, proses perencanaan, pengorganisasian, pengemasan, dan kontrol sebagai fungsi administratif (Sudibyo: 2008). Bagaimana merencanakan, mengatur, mengarahkan dan mengendalikan sumber daya dalam upaya mencapai tujuan organisasi adalah pertanyaan yang harus dijawab dalam tugas administratif.
Bukti Fisik Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah √  Bukti Fisik Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah


Download Bukti Fisik Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah

Sedangkan, Ricard (1975: 168) mendefinisikan pendidikan manajemen sebagai upaya seseorang untuk mengarahkan, dan memberikan kesempatan bagi orang lain untuk melakukan pekerjaan secara efektif, dan untuk menerima akuntabilitas pribadi untuk mencapai hasil pengukuran tertentu. Dalam konteks ini, selain menekankan pada pencapaian fungsi-fungsi dan hasil-hasil manajemen yang dapat diukur dengan jelas, oleh karena itu tujuan-tujuan harus secara jelas diartikulasikan dalam skala yang dapat diukur sehingga perbandingan antara perencanaan dan hasil yang dicapai jelas berdasarkan perencanaan. Dengan kata lain, manajemen membutuhkan standar sebagai ukuran keberhasilan.

Seorang manajer adalah orang yang berusaha mencapai tujuan yang dapat dihitung, dan seorang administrator sebagai orang yang mencari tujuan yang tidak dapat dihitung tanpa melihat hasil akhir dari pencapaian tersebut (Oteng Sutrisno, 1985: 15). Organ Tendek. Penyusunan rencana ini juga mencakup perencanaan operasional dan strategis dengan berpegang pada prinsip-prinsip perencanaan yang baik. Mengenai pengembangan organisasi, dikatakan juga bahwa kepala sekolah harus menguasai teori dan semua kebijakan pendidikan nasional dalam mengembangkan institusi sekolah, dan harus memiliki prinsip efisiensi dan efektifitas dalam pengembangan prioritas.

Di sisi manajemen sumber daya dari data yang disiapkan untuk bukti fisik, silakan unduh tautan di bawah: