Pengertian Dan Macam - Macam Alat Workshop Equipment Dalam Otomotif

Pengertian Dan Macam - Macam Alat Workshop Equipment Dalam Otomotif - Selamat berjumpa kembali Pembaca SMKN1SKL, Kami sangat senang bisa bertemu anda kembali dalam membahas materi atau artikel Pengertian Dan Macam - Macam Alat Workshop Equipment Dalam Otomotif, kami telah menyusun artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga postingan atau artikel kategori Artikel Alat Kerja Bengkel, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Setiap penulis artikel memiliki sudut pandang masing-masing

Kami memiliki sudut pandang secara umum akan hal Pengertian Dan Macam - Macam Alat Workshop Equipment Dalam Otomotif ini akan kami bahas dan jabarkan kepada anda. Meskipun demikian semoga tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMKN1SKL, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah Pengertian Dan Macam - Macam Alat Workshop Equipment Dalam Otomotif. Selamat membaca!

Pengertian Dan Macam - Macam Alat Workshop Equipment Dalam Otomotif

Pengertian Dan Macam - Macam Alat Workshop Equipment Dalam Otomotif - Workshop equipment merupakan berbagai macam kelengkapan alat yang diaplikasikan di bengkel otomotif. Meski begitu, workshop equipment bukan menjadi kelengkapan utama untuk melakukan bebagai jenis perawatan / perbaikan pada kendaraan. 

Tetapi workshop equipment berfungsi untuk mempermudah melakukan pekerjaan tersebut. Peralatan workshop equipment yang terdapat di bengkel skala kecil akan berbeda jika dibandingkan dengan peralatan yang terdapat di bengkel skala besar. 

Bengkel skala kecil memiliki kelengkapan - kelengkapan pendorong lebih sedikit jika dibandingkan bengkel skala besar. Contohnya, bengkel skala kecil hanya memiliki dongkrak tetapi bengkel besar memiliki dongkrak dan car lift dan alat kerja begkel lainnya.

Macam - Macam Alat Workshop Equipment Dalam Bengkel Otomotif


1. Car Lift

Car lift

Car lift adalah salah satu jenis workshop equipment yang banyak digunakan pada bengkel skala besar. Car Lift dalam pekerjaan perbaikan kendaraan sangat diperlukan untuk memudahkan pekerjaan mekanik yang dilakukan dibawah kendaraan.

Dengan adanya car lift berbagai macam pekerjaan yang perlu dilakukan dibawah kendaraan dapat lebih leluasa, misalnya perbaikan pada kaki-kaki kendaraan. Car lift merupakan salah satu alat yang digunakan untuk lifting kendaraan.

2. Dongkrak

Dongkrak

Dongkrak adalah salah satu jenis workshop equipment yang banyak digunakan dibengkel. Dongkrak terdapat dibengkel kecil atau bengkel besar, dongkrak dalam pekerjaan di bidang otomotif sangat berguna.

Berbagai pekerjaan yang membutuhkan jacking atau pengangkatan kendaraan agar posisinya lebih tinggi dari tanah atau lantai. Contohnya melepas roda, perbaikan sistem rem, perbaikan kaki-kaki, dan peerjaan lainnya. Dongkrak ada beberapa jenis.

3. Jackstand

Jack stand

Jackstand adalah salah satu jenis workshop equipment yang banyak digunakan dibengkel. Jackstand merupakan penopang kendaraan setelah diangkat. Penopang ini dapat disetel sesuai ketinggian pengangkatan kendaraaan.

Jackstand terbuat dari bahan yang kuat seperti besi, baja, atau campuran yang mampu menahan beban kendaraan. Tetapi dalam penempatan jackstand harus sesuai dengan titik tumpu pada kendaraan agar tercipta keamanan dan keselamatan kerja.

4. Kompresor

Kompresor

Kompresor adalah workshop equipment yang banyak digunakan dibengkel. Kompressor merupakan mesin yang digunakan untuk memampatkan atau menekan udara dan gas. 

Karena proses pemampatan, udara memiliki tekanan yang dapat digunakan untuk berbagai pekerjaan perbaikan maupun perawatan kendaraan.

Contoh pekerjaan yang membutuhkan kompresor ini diantaranya, membersihkan filter, karburator, impact gun, dan lain sebagainya.

5. Mesin Las

Mesin las

Mesin las adalah jenis workshop equipment yang banyak digunakan dibengkel. Mesin Las merupakan alat yang digunakan untuk menyambungkan beberapa komponen.

Dalam bidang otomotif mesin las sangat diperlukan untuk berbagai pekerjaan seperti perbaikan panel bodi dan kaki-kaki kendaraan. Banyak jenis mesin las, ada las litrik, las mig, dan las asityline.

6. Hydaulic Press

Hydaulic Press

Hydraulic press adalah salah satu jenis workshop equipment yang banyak digunakan dibengkel terutama pada bengkel bubut. Hydraulic press berfungsi untuk memberikan tekanan pada sebagian atau keseluruhan komponen kendaraan. Hydraulic press termasuk power tools (alat bertenaga).

Metode penggerak hydraulic press umumnya menggunakan penggerak pneumatik atau hidrolik. Hydraulic press sangat membantu dalam berbagai pekerjaan yang ada di bengkel seperti pemasangan bearing, pemasangan seal power cylinder, dan lain sebagainya.

7. Wheel Balancer

Wheel Balancer

Wheel balancer adalah salah satu jenis workshop equipment yang terdapat dibengkel bengkel terutama pada bengkel spooring dan balancing. Wheel balancer berfungsi untuk mendeteksi ketidakseimbangan roda kendaraan.
Jenis workshop equipment ini sangat diperlukan dalam proses balancing. Roda diputar pada poros untuk melihat ketidakseimbangan.

Nilai ketidakseimbangan akan ditunjukan pada layar yang tersedia. Untuk proses perbaikannya yaitu dengan memberikan pemberat agar roda seimbang dan kendaraan menjadi lebih nyaman.

8. Tyre Changer

Tyre changer
Tyre changer adalah salah satu jenis workshop equipment yang banyak digunakan dibengkel, utamanya pada bengkel velg dan ban. Tyre Changer berfungsi untuk memudahkan proses pemasangan dan pembongkaran ban dari rim.

Dengan menggunakan tyre changer maka proses pelepasan dan pemasangan ban menjadi efisien. Hal ini dikarenakan tyre changer menggunakan tenaga tambahan dari sistem pneumatik atau udara bertekanan.

9. Bench Grinder

Bench Grinder

Bench grinder adalah salah satu jenis workshop equipment yang banyak digunakan dibengkel. Bench grinder memiliki fungsi untuk membentuk, meratakan, atau membersihkan suatu permukaan.

Bench grinder sangat membantuk dalam berbagai pekerjaan di bengkel seperti membersihkan busi, membentuk berbagai sparepart yang membutuhkan penyesuaian, dan lain sebagainya.


Penutup Pengertian Dan Macam - Macam Alat Workshop Equipment Dalam Otomotif

Sekian uraian artikel Pengertian Dan Macam - Macam Alat Workshop Equipment Dalam Otomotif kali ini, semoga bisa memberi manfaat dan menginspirasi anda semua pembaca blog SMKN1SKL. Baiklah, sampai jumpa pada postingan pembahasa artikel lainnya yang lebih seru dan bagus. Tiada gading yang tak retak, begitu juga dengan artikel kami ini. Lebih dan kurang pada pembahasan Pengertian Dan Macam - Macam Alat Workshop Equipment Dalam Otomotif ini, kami memohon maaf.

Baru saja anda membaca artikel Pengertian Dan Macam - Macam Alat Workshop Equipment Dalam Otomotif dengan alamat link https://www.smkn1skl.web.id/2017/09/pengertian-dan-macam-macam-alat.html

Artikel Pengertian Dan Macam - Macam Alat Workshop Equipment Dalam Otomotif ini kami arsipkan pada kategori Alat Kerja Bengkel. Silahkan anda klik link ini Alat Kerja Bengkel untuk melihat beberapa artikel menarik serupa. Terimakasih telah berkunjung.