Cara Kerja dan Karakteristik Sensor Ultrasonic PING

Apa Itu Sensor PING ? Sensor PING adalah sensor ultrasonik yang dapat mendeteksi jarak obyek dengan cara memancarkan gelombang ultrasonik dengan frekuensi 40 KHz dan kemudian mendeteksi pantulannya. Sensor Ping dikemabangkan dan diproduksi oleh Parallax.

Secara fisik perbedaan Sensor ultrasonic tipe PING dan HC SR04 adalah pada bagian input. Sensor PING memiliki 3 pin, sedangkan sensor HC SR04 memiliki 4 pin. 

Pada sensor PING adalah pada sensor HC pin Trigger dan output terpisah, sedangkan pada PING disatukan. Tampilan sensor jarak PING ditunjukkan pada Gambar berikut:

Spesifikasi Sensor PING
  1.        Jangkauan deteksi: 2cm sampai kisaran 400 -500cm
  2.        Sudut deteksi terbaik adalah 15 derajat
  3.        Tegangan kerja 5V DC
  4.        Resolusi 1cm
  5.        Frekuensi Ultrasonik 40 kHz
  6.        Dapat dihubungkan langsung ke kaki mikrokontroler

Cara Kerja dan Karakteristik

Sensor ini dapat mengukur jarak antara 3 cm sampai 300 cm. keluaran dari sensor ini berupa pulsa yang lebarnya merepresentasikan jarak. Lebar pulsanya bervariasi dari 115 uS sampai 18,5 mS. 

Pada dasanya, Ping terdiri dari sebuah chip pembangkit sinyal 40KHz, sebuah speaker ultrasonik dan sebuah mikropon ultrasonik. Speaker ultrasonik mengubah sinyal 40 KHz menjadi suara sementara mikropon ultrasonik berfunngsi untuk mendeteksi pantulan suaranya.

Pin signal dapat langsung dihubungkan dengan mikrokontroler tanpa tambahan komponen apappun. Ping hanya akan mengirimkan suara 22 ultrasonik ketika ada pulsa trigger dari mikrokontroler (Pulsa high selama 5uS ). 

Suara ultrasonik dengan frekuennsi sebesar 40KHz akan dipancarkan selam a 200uS. Suara ini akan merambat di udara dengan kecepatan 344.424m/detik ( atau 1cm setiap 29.034uS), mengenai objek untuk kemudian terpantul kembali ke Ping. 

Selama menunggu pantulan, Ping akan menghasilkan sebuah pulsa. Pulsa ini akan berhenti (low) ketika suara pantulan terdeteksi oleh Ping. Oleh karena itu lah lebar pulsa tersebut dapat merepresentasikan jarak antara Ping dengan objek.

Pendeteksian objek sensor PING

Untuk penjelasan atau prinsip aksesnya sama saja dengan SRF04, hanya saja untuk sensor PING hanya memakai 3 pin, pin trigger sama echo digunakan dalam 1 pin, sehingga dengan menggunakan sensor PING kita dapat menghemat penggunaan I/O mikrokontroler atau Arduino yang kita pakai.

Penerapan Sensor PING

Sensor PING banyak diterapkan pada Robot Obstacle seperti robot pemadam api dan wall follower. Selain itu juga digunakan sebagai alarm dan security. Harga sensor PING jauh lebih mahal dari sensor tipe HC SR04 yaitu sekitar 300rb sampai 500rb rupiah.

0 Response to "Cara Kerja dan Karakteristik Sensor Ultrasonic PING"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel