Daftar Merk Solder Terbaik Yang Paling Banyak Dipakai Teknisi Elektro

Solder adalah alat yang berfungsi untuk mencairkan timah yang akan merekatkan PCB dan kaki komponen. Solder menjadi senjata utama bagi teknisi Elektronika. Cukup banyak merk solder bagus yang beredar di pasaran. Namun dari sekian banyak merk tersebut, tidak semua bisa bertahan lama.

Banyak solder yang hanya menawarkan harga murah, namun kualitasnya sangat buruk. Walaupun begitu masih banyak merk yang mementingkan kualitas demi kepuasan pemakai (user). Berikut ini adalah daftar merk solder bagus yang paling banyak dipakai teknisi listrik dan elektronika:

baca juga : Daftar merk Multimeter terbaik yang paling banyak dipakai teknisi elektro



1. Dekko
Solder sejuta umat. Mungkin ini julukan yang tepat untuk nama merk ini . Dekko adalah solder pabrikan asli Korea. Inilah  solder yang paling banyak digunakan oleh teknisi elektro, tukang servis maupun pelajar dan mahasiswa. Dekko ini terkenal bandel, awet dan harganya terjangkau.
Solder tembak Dekko
Dekko menurut bentuknya ada 3 macam yaitu solder biasa, solder tembak dan solder station. Untuk ukuran daya Dekko menyediakan daya dari 30 watt sampai 80 watt. Untuk solder station bisa mencapai 360 watt. Harga solder ini berkisar 50rb sampai 400rb Rupiah.

2. Masda
Masda juga populer di kalangan teknisi. Dibandingkan dengan Dekko, solder Masda harganya lebih murah walaupun secara kualitas berada dibawah Dekko. Kita hampir bisa menjumpai solder Merk masda dijual di setiap toko Listrik. Solder masda memiliki tipe Standar seperti solder pada umumnya.

Ukuran daya yang tersedia bervariasi antara 20 sampai 80 watt. Harga solder masda untuk ukuran watt standard 30  watt berkisar 35rb Rupiah.
Solder Tembak Masda
3. Hakko
Hakko biasanya diidentikkan dengan dekko. Padahal sebenarnya Dekko dan Hakko berbeda produsen. Hakko adalah merk produsen perkakas elektronik asal Jepang. Tidak diragukan lagi kualitas dari solder ini. 

Solder Hakko dikenal karena bentuknya yang khas. Hampir setiap solder hakko yang beredar selalu ada bantalan karet pada gagangnya. Fungsinya adalah menambah kenyamanan pada saat memegang solder.
Solder Station Hakko
Jenis yang paling terkenal dari merk Hakko adalah Solder Stationnya. Biasanya Teknisi HP pasti mengenal merk solder satu ini. Untuk Ukuran daya tersedia antara 30 sampai 80 watt. Untuk solder stationnya bisa di set maksimal 400 watt. Harga Solder Hakko berkisar antara 60rb sampai 1 juta rupiah.

4. Goot
Merk yang terkenal karena Kualitas dan taha lama ? Setiap teknisi elektro yang ditanya pasti akan menjawab merk Goot. Solder ini memang terkenal karena kualitasnya nomor satu. Tapi kualitas tentunya sebanding dengan Harga. Harga solder ini cukup mahal, berkisar antara 100rb sampai Jutaan rupiah, tergantung tipenya.

Jika ada orang  yang membeli solder merk Goot di sebuah toko, dapat dipastikan bahwa dia akan kembali begitu lama utuk membeli solder baru.

5. Nankai
Nankai adalah produsen perkakas elektronik yang berasal dari jepang. Salah satu produknya adalah solder. Jenis solder Nankai yang populer adalah solder listrik daya besarnya. Solder ini mempunyai ukuran daya sekitar 100 sampai 300 watt. 

Solder ini paling banyak digunakan untuk soldering gulungan pada motor listrik 1 phasa maupun motor listrik 3 phasa. Teknisi atau tukang servis gulungan mungkin tidak asing dengan merk satu ini. Harga solder ini berkisan antara 20rb Sampai 170rb rupiah.

Produk Nankai
Tentu masih ada merk solder lain seperti rayden, Sunshine, tekiro, dan taffware. Masing-masing memiliki peminat setia. Namun dari sekian banyak merk solder, 5 daftar diatas lah yang paling banyak dipakai. Deskripsi dan review di forum listrik dan elektronika akan menjadi bukti kualitas dari merk solder terbaik ini.

Kegiatan menyolder
Solder awet atau tidak bukan semata �mata karena merk atau hargaya. Tapi perlakuan dari penggua (user). Berikut ini beberapa tips agar solder awet dan tahan lama :
  1. Selalu bersihkan mata solder sebelum dan selesai digunakan.
  2. Sebaiknya selalu menggunakan pasta atau arpus (gondorukem) pada saat menyolder.
  3. Hindari menjatuhkan solder atau menghentaknya.
  4. Sebaiknya panaskan solder kurang lebih 15 menit sebelum digunakan, agar panasnya maksimal dan hasil yang diberikan bagus.
  5. Pakai solder sebagai mana fungsinya memelehkan timah, bukan melekehkan benda lain seperti plastik.
  6. Sediakan kopi agar aktivitas menyolder semakin nikmat.
Penjelasan lengkapnya dapat dibaca pada artikel  tips cara merawat Solder agar tetap awet dan tahan lama. Solder akan terus menemani para teknisi listrik dan elektronik dalam berkarya dan menghasilkan pundi � pundi rupiah. Salam Solder !

baca juga 10 project Arduino paling populer


0 Response to "Daftar Merk Solder Terbaik Yang Paling Banyak Dipakai Teknisi Elektro"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel