Rangkaian Elektronika : Inverter 12V to 220V daya besar ( 500 watt )

Inverter daya besar adalah sirkuit elektronika yang berfungsi mengubah level tegangan DC menjadi tegangan AC. Perbedaan dengan inverter biasa pada umumnya adalah daya output yang dihasilkan cukup besar yakni sekitar 500 watt.

Untuk sobat yang memerlukan inverter untuk berbagai kebutuhan seperti charger hp ataupun laptop, menyalakan kipas angin, Televisi plasma atau LED maupun untuk keperluan sound sistem bisa menggunakan inverter jenis ini.

Skematik Rangkaian
Skema rangkaian dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

skema inverter daya besar


Seperti rangkaian inverter pada umumnya,  inverter daya besar ini terdiri dari sebuah pembangkit sinyal dan sebuah rangkaian Driver transistor. Frekuensi yang dihasilkan berada pada rentang 50Hz sesuai standar PLN.

Bagaimana cara menghasilkan daya besar ?

  • Besaran Ampere dari trafo yang digunakan. Biasanya berkisar antara 5A sampai 20A. Jenis trafo bisa menggunakan trafo kotak konvensional maupun trafo donat. Yang penting adalah trafo tersebut memiliki cabang tengah alias Center Tap (CT).
  • Pada bagian transistor sebaiknya menggunakan IC sebagai peredam panas yang ditimbulkan.
  • Kapasitas aki juga harus diperhatikan. Aki 12V yang disarankan adalah dengan kapasitas 10AH sampai 200AH. Semakin besar kapasitas aki tentu semakin lama pula Inverter dapat digunakan.
 Selamat mencoba,,,

0 Response to "Rangkaian Elektronika : Inverter 12V to 220V daya besar ( 500 watt )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel