Rangkaian Elektronika : Pengatur Terang Lampu LED (Dimmer) Dengan IC Digital

Rangkaian dimmer adalah rangkaian yang berfungsi untk mengatur intensitas cahaya dari Light Emitting Diode (LED). Selain mengatur Intensitas LED, rangkaian ini pada dasarnya dapat pula digunakan untuk mengatur kecepatan motor DC.

Rangkaian ini dibangun dari prinsip dasar Modulator lebar pulsa atau PWM (Pulse Width Modulation) yang dibandingkan dengan sebuah rangkaian penahan (Latch).

Lampu LED adalah komponen elektronika yang berfungsi memancarakan cahaya. Lampu ini banyak dipakai dalam proyek elektronika karena ukurannya yang kecil dan hemat energi serta penggunaan daya yang lebih kecil. 

Sebuah lampu LED standar hanya membutuhkan arus sebesar 10mA sampai 20mA dengan tegangan kerja 2 sampai 3 volt saja.


LED Light
Rangkaian PWM adalah sebuah sirkuit yang berfungsi mengatur lebar dari sebuah sinyal berbentuk Pulsa digital. Rangkaian ini akan mengatur perioda waktu sinyal High dan Sinyal Low tanpa mempengaruhi frekuensi dari sinyal tersebut. 

Perioda High dan Low inilah yang nanti akan dibandingkan dengan level logika dari Latch kemudian dimanfaatkan untuk mengatur intensitas nyala lampu LED.

Rangkaian Latch sendiri merupakan rangkaian yang berfungsi menahan sebuah nilai masukan sampai nilai tersebut direset atau berubah. Rangkaian ini menggunakan komponen Multivibrator. Level logika dari Latch akan dibandingkan dengan PWM lalu hasilnya akan menentukan Intensitas cahaya LED.

Komponen yang digunakan

  • IC 555 (1)
  • IC 4013 (3)
  • IC AND Gate 7408 (1)
  • IC 4028 (1)
  • IC 7485 (1)
  • Diode 4148 (1)
  • Transistor NPN BC 337 (1)
  • Resistor 4K7 (2)
  • Resistor 10K (3)
  • Kapasitor 100n (1)
  • Push button Switch (2)
  • LED 5mm (1)

Skema Rangkaian 

Rangkaian Elektronika : Pengatur Terang Lampu LED (Dimmer) Dengan IC Digital
Skematik Rangkaian


Cara Kerja Rangkaian 
Rangkaian ini bekerja dengan cara mengatur kecerahan lampu menggunkan Prinsip digital. Karenanya yang digunakan adalah saklar Push Button bukan Potensiometer (analog). Saklar ini akan mengatur terang lampu mulai dari 0%, 25%, 50%, 75% hingga 100%. Saklar 1 akan menaikkan intensitras sementara saklar 2 akan mereset kembali intensitas cahaya ke 0.

Rangkaian PWM yang digunakan diatur dengan frekuensi 1000Hz melalui sub rangkaian IC 555, Resistor 4K7 dan kapasitor 100nF. Rangkaian ini kemudian dibandingkan dengan level rangkaian Latch yang menggunakan IC 4013.

Hasil kedua sinyal ini dihubungkan ke IC pembanding 7485 untuk mengeluarkan sinyal PWM baru dengan persentasi 0, 25, 50, 75 dan 100%.Sinyal keluaran pun diumpan melalui Sebuah transistor Driver BC 337 untuk menyalakan lampu LED.

Bagi yang ingin mencoba simulasi di proteus 8 bisa mendownload file dibawah ini:

SIMULASI KONTROL LAMPU LED DIGITAL

baca juga: Penyebab processor sering panas dan cara megatasinya

0 Response to "Rangkaian Elektronika : Pengatur Terang Lampu LED (Dimmer) Dengan IC Digital"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel