Skema Rangkaian IC L298 Untuk driver motor DC

L298 merupakan Driver Jembatan-H (H-bridge) yang dikemas dalam bentuk Integrated Circuit (IC). IC ini merupakan peningkatan dari model IC L293DIC L298n didesain intuk menerima input Logika TTL serta dapat menyuplai arus yang lebih besar dari L293D.

L298 dapat digunakan sebagai Driver pada berbagai piranti elektronik seperti Motor DC, Motor Stepper dan Relay. 

IC ini memiliki Pin Enable untuk mengaktifkan respon terhadap Inputnya. Artinya, Input hanya akan di Proses ketika Pin Enable diberi Logika High.

L298 Kit

Pada umumnya IC ini digunakan untuk driver motor DC. Dengan menggunakan IC L298 maka motor bisa dikendalikan Putaran dan kecepatannya. 

Kendali putaran kecepatan motor DC berasal dari rangkaian kontrol seperti Rangkaian Digital atau Mikrokontroler Arduino.

Menurut Datasheet IC ini mempunyai kemampuan suplai arus yang besar yakni sekitar 4A. Biasanya semakin besar Arus yang dilewatkan oleh IC maka panas yang ditimbulkan semakin besar. 

Kehandalan L298 adalah di dalamnya sudah terdapat Over Temperature Protection untuk mencegah kerusakan akibat panas yang berlebih.

Skema rangkaian driver motor L298
L298 DIP Packages
Skema Rangkaian

Skema rangkaian driver motor L298n

Cara kerja rangkaian 
  • Input1 dan Input 2 digunakan untuk mengontrol Motor 1. Motor hanya akan berputar apabila Enable A diberikan Logika HIGH. Apabila pin enable diberikan logika Low motor tidak akan berputar.
  • Apabila Input 1 High dan Input 2 Low maka motor akan berputar dengan arah tertentu.
  • Apabila Input 1 Low dan Input 2 High maka motor akan berputar kearah sebaliknya.
  • Apabila Input 1 dan 2 logikanya sama High atau Low maka Motor tidak akan berputar. 
  • Input3 dan Input 4 digunakan untuk mengontrol Motor 2. Motor hanya akan berputar apabila Enable B diberikan Logika HIGH. Apabila pin enable diberikan logika Low motor tidak akan berputar.
  • Apabila Input 3 High dan Input 4 Low maka motor akan berputar dengan arah tertentu.
  • Apabila Input 3 Low dan Input 4 High maka motor akan berputar kearah sebaliknya.
  • Apabila Input 3 dan 4 logikanya sama High atau Low maka Motor tidak akan berputar. 
  • Putaran motor searah jarum jam disebut CW (Clock Wise) sedangkan putaran motor yang berlawanan arah jarum jam disebut CCW (Counter Clock Wise)
  • Capasitor 1 dan 2 berfungsi sebagai Decoupling untung menghilangkan tegangan liar yang berasal dari power supply. Sedangan 8 buah dioda 1N 4007 berfungsi sebagai Proteksi terhadap induksi yang diakibatkan oleh perubahan putaran motor secara tiba-tiba.
Rangkaian Driver motor menggunakan IC L298 sangat cocok untuk  berbagai Project elektronika seperti mengakses Prototype konveyor, pintu otomatis dan kunci otomatis. Dapat pula digunakan pada robot line follower atau robot avoider sederhana.

0 Response to "Skema Rangkaian IC L298 Untuk driver motor DC "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel