Daftar Merk Multimeter Bagus Yang Banyak Dipakai Teknisi Elektro

Multimeter atau Multitester atau dikenal juga sebagai Avometer adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur besaran dasar listrik seperti Tegangan, Arus dan hambatan. Pada dasaranya terdapat dua jenis multimeter, yaitu multimeter digital dan multimeter analog. 

Pada awalnya, mutimeter hanya mengukur tiga besaran dasar listrik saja, yaitu tegangan, arus dan hambatan. Seiring berkembangya teknologi, multimeter analog juga bisa digunakan untuk mengukur nilai HFE Transisor bahkan besaran frekuensi skala kecil.

baca juga : Daftar merk solder terbaik yang paling banyak dipakai teknisi elektro

Multimeter digital memungkinkan fungsi yang lebih optimal dari alat ukur. Selain dapat mengukur tiga besaran dasar listrik, multimeter digital kini dapat mengukur nilai kapasitansi, induktansi, Frkuensi maupun HFE transistor. Cara pembacaan nilai pun lebih sederhana dan menghindari kesalahan pembacaan nilai dari Multimeter analog.

Ada sangat banyak merk multimeter digital yang dijual dipasaran. Setiap merek memiliki tipe versi baik yang berjenis analog maupun digital. Setiap merk memiliki spesifikasi tersendiri dan memiliki banyak peminat. Berikut adalah daftar merk multimeter terbaik yang paling banyak dipakai oleh teknisi elektro

1. Sanwa

Setiap penghobi maupun teknisi elektronika pasti akan setuju apabila Sanwa adalah urutan pertama pada daftar multimeter terbaik. Sanwa adalah pabrikan elektronik dan instrumentasi asal Jepang yang berdiri sejak 1959. Dengan pengalaman lebih dari 60 tahun, tidak diragukan lagi kualitas multimeter yang di produksi Sanwa.

Karena kualitasnya yang sangat bagus, tidak heran jika Anda akan menemui Multitester Sanwa yang digunakan pada laboratorium elektro di sekolah maupun di kampus. Terdapat dua model multitester Sanwa yaitu model analog dan model digital. Model analog yang populer adalah tipe YX-360TRF sedangkan model digital yang populer adalah tipe CD800A.

YX-360TRF dan CD800A

Untuk harga multitester Sanwa tipe YX-360TRF adalah sekitar 400rb Rupiah, sedangkan untuk tipe CD800A adalah sekitar 500rb Rupiah. 

2. Fluke

Fluke adalah perusahaan yang memproduksi perkakas elektronik yang berasal dari Australia. Fluke memiliki spesialisasi dalam memproduksi alat ukur, seperti multimeter. Multimeter jenis ini terkenal sangat bandel serta ukuran dimensinya yang kecil sehingga mudah dibawa. Selain penghobi, merk Fluke sering digunakan oleh teknisi di industri-industri besar.

Tipe multimeter yang populer dari merk Fluke adalah tipe FLUKE101. Multimeter ini memiliki ukuran yang kompak namun terkenal sangat presisi dan tentunya awet, sehingga dapat disandingkan dengan SANWA CD800A.

FLUKE 101

Harga dari multimeter FLUKE tipe 101 adalah sekitar 560rb Rupiah. Harga yang cukup mahal bagi beberapa kalangan,namun sebanding dengan performa yang diberikan.

3. Heles

Di kalangan pelajar dan penghobi elektronika, merk Heles sudah tidak asing lagi. Multimeter merk ini terkenal awet namun harganya relatif sangat murah. Fiturnya pun lumayan lengkap, seperti Amper-Volt-Ohm meter, short circuit buzzer, HFE serta backlight LED. Tipe multieter merk Heles yang populer adalah tipe HELES YX-360TRD dan SP900.

HELES tipe YX-360 TRD

Harga dari Avometer HELES tipe YX-360 TRD adalah sekitar 150rb sedangkan untuk tipe SP900 adalah sekitar 85rb Rupiah saja.

4. Masda

Masda dikenal karena memproduksi solder yang terkenal murah dan tahan lama. Selain Solder, masda juga memproduksi multimeter yang dikenal awet dan dengan harga yang sangat terjangkau. Tipe multimeter masda yang populer di kalangan pelajar dan teknisi elektro adalah tipe DT830B dengan harga sekitar 50rb Rupiah saja.

MASDA DT830B

5. Dekko

Dekko adalah merk yang dikenal karena Soldernya yang dijuluki �Solder Sejuta Umat�. Solder merk dekko sudah terkenal dan banyak digunakan oleh anak elektro, dengan harganya relatif murah. Kualitas multimeter dari Dekko juga tidak kalah dari soldernya. 

Sebagai merk pabrikan Korea yang terkenal sebagai Negara produsen perangkat elektronik terbaik di dunia, dekko memegang kualitas mumpuni pada setiap Tipe Multitesternya. 

DEKKO DM-148C

Tipe multitester yang populer dari merk dekko adalah tipe DM-148C dan DM-181 dengan harga sekitar 150rb Rupiah.

***

Selain merk diatas, tentunya masih banyak merk lain dengan kualitas yang bagus seperti Sanfix, Krisbow, Zotek dan Kyoritsu. Setiap merk memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Ibaratnya Dokter, Multitester adalah Stetoskop bagi para teknisi elektronika. Multitester atau multimeter adalah item wajib yang harus ada dalam rancang bangun maupun troubleshooting perangkat elektronik. Memilih multitester yang tepat untuk kegiatan teknisi sangat diperlukan.

0 Response to " Daftar Merk Multimeter Bagus Yang Banyak Dipakai Teknisi Elektro"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel