Skema Rangkaian Amplifier 10 Watt TDA 2003 Dengan Tone Control

Rangkaian power amplifier 10 watt adalah rangkaian yang dibangun menggunakan IC TDA 2003. IC ini merupakan penguat kelas AB yang dilengkapi dengan thermal dan Short protection internal sehingga menghindari kerusakan IC karena hubung singkat dan panas berlebih.

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan tentang amplifier TDA dengan control volume. Namun, dalam beberapa aplikasi pengaturan volume dirasa masih kurang, sehingga diperlukan control nada lain seperti Bass dan Treble. 

Tone control atau lazimnya disebut mengatur nada adalah sirkuit elektronika yang berfungsi untuk mengatur gelombang nada pada input audio. Tone control terdiri dari 2 macam, yaitu tone control pasif dan aktif. Yang akan digunakan pada skema dibawah ini adalah tone control Pasif. 

Tone Control pasif merupakan sirkuit yang dibangun menggunaka komponen elektronika pasif seperti Resistor dan Kapasitor. Sirkuit ini tidak memiliki komponen penguatan sehingga input nada langsung di filter pada rangkaian dan di teruskan ke power amplifier.

Skema Rangkaian 

Skema rangkaian power amplifier 10 watt menggunakan IC TDA 2003 yang dilengkapi tone control dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Skema rangkaian amplifier tda 2003 watt mono dengan tone control
Skematik Rangkaian

IC TDA 2003 memiliki keunggulan dalam penggunaan yaitu :

  • Digunakan untuk Amplifikasi sinyal Audio
  • Cocok untuk amplifikasi daya tinggi
  • Mampu beroperasi pada catu daya ganda / split
  • Dapat digunakan untuk speaker audio Cascade

0 Response to " Skema Rangkaian Amplifier 10 Watt TDA 2003 Dengan Tone Control"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel