Skema Rangkaian Amplifier Mini LM 386 Watt Sederhana

Rangkaian power amplifier atau lazimnya disebut rangkaian penguat suara adalah sirkuit elektronika yang berfugsi menguatkan level sinyal audio input yang bersumber dari microphone atau device elektronika yang lain. Terdapat bermacam - macam power amplifier dengan kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Rangkaian power amplifier dapat dibangun dari komponen Transistor maupun Integrated Circuit (IC). Transistor biasanya digunakan untuk power amplifier yang berdaya sedang sampai berdaya besar. Sedangkan IC digunakan untuk rangkaian power amplifier daya kecil hingga daya sedang.


LM-386 KIT

Salah satu jenis amplifier yang sering dijumpai adalah amplifier mini. Mengapa disebut mini ? Karena Bentuknya yang kompak dan simple serta supply daya yang relatif kecil, bahkan hanya 5V saja. Sehingga sumber tegangan dapat diperoleh dari Adaptor 5V, Charger HP maupun sambungan USB pada Laptop atau PC.

IC yang sering digunakan dalam rangkaian Amplifier mini adalah IC LM386. IC ini adalah penguat audio Mono dengan output daya rendah, dan menggunakan catu daya rendah seperti baterai, adaptor bahkan sambungan power Universal Serial Bus (USB). 


IC ini tersedia dalam paket DIP 8-pin. Gain tegangan penguat pada komponen ini dapat disesuaikan menjadi 20, atau dapat ditingkatkan menjadi 100 dan 200 kali penguatan dengan menggunakan komponen eksternal yaitu Resistor serta Kapasitor di antara pin 1 dan 8.

Fitur  LM386 

  • IC LM386 dapat diperoleh dalam paket 8-pin MSOP
  • Komponen eksternal minimal (hanya resistor dan kapasitor)
  • Tegangan input rendah (5-12V) 
  • Drain daya statis rendah - 4mA
  • Input direferensikan oleh ground
  • Distorsi kurang dari 0.2%
  • Self-centering tegangan statis output daya
  • Penguatan diatur dari 20X hingga 200X

Skematik Rangkaian 

Skema Rangkaian Amplifier Mini USB dengan LM 386 Watt mono Sederhana
Skematik Rangkaian

Pada rangkaian Amplifer ini, sumber tegangan dapat berasal dari Adaptor 5V, Charger HP atau Smartpone, Powerbank maupun dari baterai 4V atau Li-Ion 18650. Bisa juga dari Power USB laptop atau PC. 

Speaker yang digunakan adalah Speaker mini dengan Impedansi antara 8 sampai 32 Ohm. Menggunakan Speaker yang besar tidak efektif mengingat kemampuan daya dari amplifier ini hanya sekitar 1 Watt saja.

Meskipun begitu, Suara yang hasilkan oleh IC LM 386 cukup jernih dan dapat diandalkan untuk rangkaian Sound Speaker Portable sederhana.

0 Response to "Skema Rangkaian Amplifier Mini LM 386 Watt Sederhana "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel