Skema Rangkaian Amplifier Mini Stereo Sederhana

Amplifier mini adalah sirkuit elektronika yang berfungsi menguatkan Input audio yang diterima dengan penguatan yang relatif rendah. Karena kemampuan daya yang hanya berkisar beberapa watt saja, maka aplikasi amplifier ini hanya untuk Speaker kecil saja.

Keuntungan menggunakan amplifier mini adalah Ukuran yang kecil sehingga mudah dibawa kemana mana (portable). Selain itu karena Kemampuan dayanya yang kecil maka tegangan Input juga sangat rendah  sekitar 5V saja maka sumber tegangan input dapat berasal dari Charger Handphone, PowerBank, USB computer maupun Baterai Li-Ion. 

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas beberapa skema sirkuit amplifier mini yaitu menggunakan IC LM386 dan IC TDA-7052. Namun kedua sirkuit tersebut hanya untuk  sistem mono alias speaker tunggal saja.

Amplifier Stereo KIT

Skema rangkaian kali ini membahas sirkuit amplifier mini yang menggunakan sistem Stereo. Dengan sistem stereo yang menggunakan dua speaker maka kualitas suara yang dihasilkan akan semakin mantap.

Inti dari rangkaian menggunakan dua buah IC TDA-7052. Komponen ini dipilih karena tambahan komponen eksternal sangat sedikit, sehingga dapat menghemat ruang. TDA-7052 adalah amplifier dengan tipe BTL . IC tipe ini merupakan komponen audio mono dengan Kemasan 8 pin DIP. 

TDA-7052 Package& Pinout

Fitur TDA 7052

  • No external components
  • No switch-on or switch-off clicks
  • Good overall stability
  • Low power consumption
  • No external heatsink required
  • Short-circuit proof

Skema Rangkaian

Skema rangkaian Amplifier mini stereo sederhana USB 5V
Skematik Rangkaian

Keterangan : Gunakan Potensiometer Stereo Merk A-Plus yang terkenal handal.

0 Response to " Skema Rangkaian Amplifier Mini Stereo Sederhana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel