Skema Rangkaian Amplifier Mini TDA 7052 Watt Sederhana

Rangkaian amplifier atau sering disingkat ampli saja adalah sirkuit elektronika yang digunakan untuk menguatkan input sinyal suara agar dapat didengar melalui Sound Speaker. Input suara bisa berasal dari Micropone, antenna radio maupun file digital dari MP3 player Handphone maupun computer. 

Rangkaian power amplifier dapat dibangun dari komponen Transistor maupun Integrated Circuit (IC). Transistor biasanya digunakan untuk power amplifier yang berdaya sedang sampai berdaya besar. Sedangkan IC digunakan untuk rangkaian power amplifier daya kecil hingga daya sedang.

baca juga : Daftar mikrokontroller alternatif yang lebih baik dari arduino

TDA-7052 KIT

Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang Skema Amplifier minimenggunakan LM 386. Selain itu, jenis IC yang sering digunakan untuk Sirkuit ini adalah IC TDA 7052. Tipe ini adalah IC yang unik, dimana hanya menggunakan sedikit sekali komponen eksternal untuk membuatnya. 

BTL amplifier adalah dua amplifier yang dijadikan satu amplifier dengan cara kedua inputnya berbeda fasa 180 derajat dan speaker dihubungkan ke kedua output amplifier tersebut (tidak melalui ground). Pada TDA 7052, output speaker dihubungkan pada kaki 5 dan 8. 

baca juga : Mengapa listrik berbahaya bagi tubuh manusia ? Inilah Penyebabnya..

TDA-7052 Package & Pinout

IC tipe ini merupakan IC audio mono dengan Kemasan 8 pin DIP. Sumber tegangan yang digunakan antara 3V sampai 18V DC. Ini berarti  dapat menggunakan Adaptor atau Power supply 5V, Power Bank, Baterai Li-Ion maupun power USB computer. 

Fitur TDA 7052

  • No external components
  • No switch-on or switch-off clicks
  • Good overall stability
  • Low power consumption
  • No external heatsink required
  • Short-circuit proof

Skematik Rangkaian

Skema Rangkaian Amplifier Mini TDA 7052 Watt Sederhana
Skematik Rangkaian

Rangkaian Amplifier mini ini sangat cocok digunakan untuk desain sirkuit Sound Speaker portable sederhana. Ukurannya yang kecil dan tambahan komponen eksternal yang sangat minim membuat dimensi PCB dari sirkuit ini bisa dibuat sekecil mungkin, Sekitar 3cm X 3cm saja. 

Walaupun kemampuan daya yang dihasilkan berkisar hanya 1 Watt saja, namun kualitas suara yang dihasilkan cukup baik jika menggunakan speaker Mini dengan Impedansi antara 8 Ohm hingga 32 Ohm.

baca juga : 10 Aplikasi Android terbaik untuk anak elektro

0 Response to "Skema Rangkaian Amplifier Mini TDA 7052 Watt Sederhana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel