Top Ads

Sistem Pengapian Kendaraan Beroda Empat Mitsubishi T120ss

Meskipun kendaraan beroda empat ini berbentuk pick-up dan banyak dipakai sebagai kendaraan beroda empat angkutan, Mitsubishi t120ss ternyata sudah menerapkan sistem injeksi elektronik pada mesinnya, sistem ini dikenal dengan nama Multi Point Injection.

Yang menariknya, sahabat tidak akan menemukan komponen Distributor pada kendaraan beroda empat ini. Seperti yang sudah pernah dibahas pada postingan fungsi agen dan komponennya yang menjelaskan bahwa agen ini merupakan salah satu komponen pada sistem pengapian yang dipakai untuk membagi listrik tegangan tinggi dari koil menuju ke busi.

Nah, komponen agen ini tidak akan terlihat pada sistem pengapian kendaraan beroda empat Mitsubishi t120ss keluaran terbaru yang diketahui memang sudah mengusung sistem pengapian tipe distributorless, alias sistem pengapian tanpa distributor.

Sebagai pengganti distributor, sistem pengapian kendaraan beroda empat t120ss ini memakai komponen berjulukan Power Transistor Unit berkode Mitsubishi Power Tr unit j722t, yang terletak pada intake manifold dari mesin t120ss injection.

Perhatikan letak power transistor t120ss injeksi di mesin ibarat pada gambar dibawah ini

up dan banyak dipakai sebagai kendaraan beroda empat angkutan Sistem pengapian kendaraan beroda empat mitsubishi t120ss

Untuk bentuk dan penampakan power Transistor unit dengan arahan j722t mitsubishi colt t120ss silahkan perhatikan pada gambar dibawah ini. Berikut penampakan dari Power Tr unit j722t mitsubishi colt t120ss.

up dan banyak dipakai sebagai kendaraan beroda empat angkutan Sistem pengapian kendaraan beroda empat mitsubishi t120ss

Power Tr unit j722t mitsubishi colt t120ss ini mempunyai 7 pin, berikut relasi pin-pin tersebut
  1. Oc1 : merupakan output pin yang akan menuju koil 2 (terhubung dengan busi nomer 2 dan 3).
  2. IB1 : merupakan input pin yang berasal dari ECU yang akan mengaktifkan pin OC1
  3. VB : merupakan pin sumber teganganbagi Power Transistor
  4. Tac : merupakan pin yang terhubung dengan Tachometer, dipakai untuk mengukur rpm mesin.
  5. GND : ground / massa
  6. IB2 : input pin dari ECu yang akan mengaktifkan pin OC2
  7. Oc2 : merupakan output pin yang akan menuju koil 1 (terhubung dengan busi nomer 1 dan 4).

Power transistor ini akan berfungsi untuk menunjukkan sinyal listrik ke Ignition coil menurut perintah dari Engine Control Unit . Dengan begitu, maka ignition coil sanggup menghasilkan listrik tegangan tinggi dan busi sanggup memercikan api di ruang bakar.


Skema sistem pengapian kendaraan beroda empat mitsubishi t120ss

Perhatikan pada denah sistem pengapian kendaraan beroda empat mitsubishi t120ss dibawah ini

up dan banyak dipakai sebagai kendaraan beroda empat angkutan Sistem pengapian kendaraan beroda empat mitsubishi t120ss

Dari denah tersebut sanggup kita perhatikan bahwa Power transistor diperintah eksklusif oleh Engine ECU (komputer mesin) menurut data-data yang diambil dari banyak sekali macam sensor di mobil.

Sebagai tambahan, tipe busi kendaraan beroda empat mitsubishi t120ss injeksi yang paling umum dipakai ada dua merek yaitu dari NGK dan Denso. Berikut tipe busi kendaraan beroda empat t120ss injeksi dari dua merek tersebut :
  • NGK dengan tipe busi berkode BP6ES (NGK BP6ES)
  • Denso dengan tipe busi berkode W16EX-U (Denso W16EX-U)
Adapun sensor-sensor yang kerap dipakai adalah, Air flow sensor, Barometric pressure sensor, Coolant temperatur sensor, TDC sensor, Crank Angle Sensor, dan lain-lain.

Sensor-sensor ini akan mambaca kondisi mesin dan mengubahnya menjadi bentuk data berupa sinyal listrik yang kemudian diolah oleh ECU. Setelah data input didapat, maka ECU akan memilih mana busi yang harus mengeluarkan api melalui sinyal yang diberikan pada IB1 dan IB2 di power transistor.

Ketika ECU menunjukkan sinyal listrik ke IB1 atau IB2 pada power transistor, maka tegangan output akan keluar melalui Oc1 dan Oc2 menuju ignition coil. dari situ iginiton koil akan mengalirkan listrik tegangan tinggi melalui kabel busi dan kebusi, sehingga busi sanggup memercikan api di ruang bakar.

0 Komentar

Posting Komentar

Bottom Ads