10 Cara mengatasi Hp Lag atau patah-patah saat bermain Game

Bermain game menjadi pilihan banyak orang disaat waktu luang. Sebagian lagi menjadikan game sebagai  rutinitas karena hoby atau pekerjaan. 

Terlebih lagi game online seperti Mobile Legend/ML, PUBG, Free Fire atau LOL WR yang menambah keseruan karena dapat dimainkan bersama teman atau Squad. 

Namun apa yang terjadi ketika bermain game tersebut,Hp Anda malah ngelag,lemot dan layarnya menjadi patah-patah.Hal ini biasanya dibarengi dengan respon Hp yang menjadi lambat. Hal ini dapat mengakibatkan permainan Anda menjadi kacau.


Sebenarnya, apa penyebab Hp lag atau patah-patah saat main game ?

Hp yang lag atau patah-patah biasanya disebabkan oleh kinerja SoC yang berlebihan. SoC atau processor di dalam Hp anda melakukan banyak multitasking, sehingga game yang anda mainkan mendapat respon yang lebih lambat oleh sistem.

Hal ini juga biasanya menyebabkan Hp menjadi panas. Apalagi Hp dengan kelas harga dibawah 2 jutaan, kemungkinan untuk menjadi panas semakin tinggi. Sebagian orang mengatasinya dengan memasang fan cooler atau kipas untuk mendinginkan Hp.

Gamepad dengan fan pendingin 

Akan tetapi sepertinya itu tidak banyak membantu. Karena, memasang pendingin hanya akan mengatasi akibat yang ditimbulkan, bukan dari sumber masalahnya. Sumber masalahnya tetap pada beban kinerja Hp anda. Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Berikut adalah 10 tips cara mengatasi Hp patah-patah saat bermain game

1. Pastikan baterai Hp penuh 

Cara ini tentunya sangat sederhana dan mudah untuk anda lakukan. Sebelum bermain game, pastikan baterai Hp anda dalam kondisi penuh atau setidaknya dalam persentase 80%. Mengapa kondisi baterai berpengaruh ?

Jadi gini, banyak orang yang tidak memperhatikan kondisi baterainya saat bermain game. Ketika kemudian baterai Hp low, maka biasanya Hp akan mengaktifkan mode hemat daya secara otomatis, sehingga menurunkan performa Hp anda. 

Apa yang anda lakukan ketika Hp lowbat pada saat bermain game ? pastinya anda akan mencari charger untuk mengisinya kembali. Hal ini pun tidak baik dilakukan. Mengapa ? jawabannya ada pada salah satu poin dibawah. 

2. Restart Hp sebelum bermain Game

Cara ini dilakukan sebelum bermain game. Biasanya, Hp yang life time (waktu hidup) nya lama akan menjalankan berbagai macam program sistem di latar belakang. Hal ini dapat menyita ruang pada memori dan kerja SoC. 

Dengan Merestart Hp, Sistem anda akan dimulai ulang dari awal, sehingga tidak menjalankan program yang tidak perlu. Bayangkan Anda bangun pagi dengan pikiran yang segar, seperti itulah Hp Anda ketika di Restart. 


3. Sebaiknya hindari memakai TWS

TWS adalah singkatan dari True Wireless Stereo, yaitu sebuah perangkat headphone yang tidak menggunakan kabel (wireless) untuk terhubung dengan perangkat seperti Smartphone atau Laptop. 

TWS ini bekerja dengan memanfaatkan gelombang radio yang dihubungkan lewat koneksi Bluetooth. Nah, karena menggunakan tambahan koneksi Bluetooth, multitasking pada Hp anda bertambah. Hal ini dapat berpotensi membuat Hp lemot. 


Apalagi ketika Anda bermain Mobile Legends/ML dengan mode Penguatan Jaringan. Hp akan mengaktifkan data seluler dan Wifi bersamaan, ditambah lagi dengan Bluetooth yang menyala. 

Untuk Hp sekelas Flagship, mungkin tidak masalah. Namun akan berbeda jika ini terjadi pada Hp kelas Low-End.   

4. Matikan mode hemat daya

Mengaktifkan mode hemat daya dapat menurunkan permorma Hp. Mengapa ? Karena mode ini akan menurunkan performa SoC untuk mengolah data, sehingga SoC tidak memerlukan banyak daya yang diambil dari baterai.

Tentu mode hemat daya ini tidak baik saat dipakai bermain game. Pada saat bermain game, dibutuhkan performa maksimal dari SoC Hp agar game menjadi lancar tanpa hambatan. 

5. Hindari main Game sambil cas Hp

Mengisi baterai juga dapat membuat Hp menjadi Lag atau lemot.  Pada beberapa Hp saat ini,performa Hp akan turun ketika di cas. Hal ini bertujuan agar waktu pengecasan menjadi lebih efisien. Seperti pada point nomor 1 diatas, sebaiknya pastikan baterai Hp Anda penuh saat digunakan.

Selain itu, bermain game sambil cas dapat memperpendek umur baterai. Baterai yang dicas dan dipakai bersamaan cenderung menjadi panas dan berpengaruh pada umur elemennya. Jika Anda merasa baterai Hp Anda cepat habis, mungkin itu karena sering di cas sambil digunakan.  

6. Update Game 

Memberbarui Game juga penting dilakukan. Jika Hp menjadi sering lag atau patah patah, mungkin penyebabnya adalah versi game yang sudah ketinggalan update.

Versi game yang lama dapat menyebabkan beberapa file sudah tidak kompatibel saat dijalankan. Anda dapat memperbarui game langsung pada Playstore. 

7. Bersihkan file sampah dan cache

Mebersihkan file sampah dan cache dapat melegakan kapasitas memori internal pada Hp. Dengan begitu maka transfer data antara penyimpanan dan prosesor menjadi semakin efisien. 

Di playstore sudah tersedia banyak Aplikasi untuk membersihkan file sampah dan cache dengan baik seperti Clean Master atau CCleaner. 


8. Update Perangkat Lunak

Pada umumnya, Brand Hp akan memperbarui versi perangkat lunak mereka pada waktu tertentu dengan tujuan untuk membuat sistem yang lebih efisien dan mengatasi bug pada versi sebelumnya.

Dengan memperbarui versi perangkat lunak, Hp anda dapat bekerja lebih baik dan mungkin mendapatkan fitur baru yang berguna. 

9. Hentikan Aplikasi di latar belakang

Pada saat Anda bermain game, tanpa sadar beberapa aplikasi yang tidak terpakai masih berjalan di latar belakang, misalnya saja Youtube, Maps, Facebook, atau browser chrome. Ini dapat berakibat pada beban kerja SoC yang bertambah karena mengolah banyak data. 

Beban kerja SoC dapat berpengaruh pada performa game. Hal ini disebabkan oleh data yang lambat direspon oleh SoC. Selain itu aplikasi yang berjalan juga menguras memori RAM. Pastikan selalu menutup aplikasi di latar belakang sebelum bermain game. 

10. Uninstall Aplikasi yang tidak berguna

Tujuannya hanya satu, agar memori internal Hp tidak penuh. Aplikasi yang jarang maupun tidak pernah Anda pakai tidak akan dihapus oleh pembersih file seperti Clean Master atau CCleaner. Anda harus menghapus sendiri Aplikasi yang dirasa tidak berguna. 

Memori yang penuh mengakibatkan Pembaruan pada game tidak dapat dilakukan. Jika Hp Anda memiliki kapasitas memori internal yang besar, mungkin tidak masalah. Namun jika kapasitasnya kecil misalnya 32GB, tentu akan sangat merepotkan. 

Akhir Kata

Hp yang Lag atau patah-patah pada saat bermain game memang merepotkan. Apalagi ketika kita sedang mabar bersama teman, mungkin kita menjadi sebab kekalahan. Ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengatasi nya seperti yang telah disebutkan diatas.

Walaupun begitu, Kualitas Hp anda juga menjadi perhatian utama. Apakah Spesifikasi Hp Anda memang layak untuk menjalankan game online seperti ML, PUBG, Free Fire atau LOL WR ? 

Jika dirasa sudah tidak layak, maka saatnya untuk mengganti Hp ke Spek yang lebih tinggi untuk performa yang lebih baik. 

Artikel terkait : Cara mengatasi Hp cepat panas saat bermain game

0 Response to "10 Cara mengatasi Hp Lag atau patah-patah saat bermain Game"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel