Cara mudah mengetahui charger Hp asli atau Kw menggunakan Aplikasi

Setiap pengguna Hp pasti mengharapkan Smartphone atau Hp yang dimiliki dapat dipakai terus menerus. Namun, hal tersebut dibatasi oleh kapasitas baterai yang terbatas, sehingga akan Lowbat jika terus digunakan. Ketika lowbat pengguna Hp mau tidak mau harus mengisi daya Hp, baik menggunakan Charger atau powerbank.

Biasanya kita menggunakan charger bawaan saat membeli Hp, dan ini sudah dipastikan keasliannya. Namun terkadang pada beberapa kondisi charger tersebut rusak atau hilang sehingga kita harus membeli yang baru. 

Kita tentunya mengharapkan charger yang dibeli Asli dan Original. Namun, apa jadinya jika yang kita beli ternyata charger KW, atau Aspal (Asli tapi Palsu). Charger KW menggunakan bahan yang berkualitas rendah, sehingga arus pengisian tidak sama dengan charger original.

Akibanya adalah waktu pengecasan menjadi sangat lama. Jika Hp Anda memiliki fitur Fast Charging, maka pada charger Kw fitur ini tidak mendukung sehingga Hp Anda terus mengisi dalam mode normal. Sangat disayangkan, Hp yang seharusnya penuh dalam 1,5 jam saja bisa menjadi 2 jam lebih karena chargernya Kw. 

Bagaimana Solusinya ?

Beberapa tips yang beredar di internet membahas tentang cara mengenali Charger Asli atau Kw berdasarkan tampilan bodinya. Misalnya saja Cara membedakan Charger Hp merk Samsung, Apple,  Vivo, Oppo, Xiaomi, atau Realme. Namun, apakah cara ini ampuh ?

Tidak semudah itu Ferguso!

Jadi gini, ada banyak oknum produsen charger abal-abal yang menggunakan segala cara agar charger yang dia produksi terlihat Asli seperti charger original bawaan. Yang paling sering dilakukan adalah memoles bodi charger hingga terlihat seperti baru. Selain bodi, kotak atau kemasan charger dibuat agar terlihat premium, sehingga pembeli yakin bahwa chargernya memang asli. 

Bahkan merk charger lain pun banyak beredar yang versi KW. Misalnya saja Charger merk ROBOT, VYATTA,  VIVAN, maupun UGREEN. Merk tersebut memang memproduksi charger original dengn kemampuan daya yang real tertera pada bodinya. Sedangkan Merk Kw biasanya daya pengisian tidak sama dengan yang tertera pada bodi charger.

Lantas, bagaimana mengetahui charger Hp Asli atau Palsu ?

Jawabannya adalah dengan menggunakan Aplikasi Ampere. Aplikasi ini dapat Anda download di Playstore secara gratis. 

Jika menggunakan Aplikasi ini, Anda tidak akan diberitahu bahwa anda sedang menggunakan charger Hp Asli atau Kw. Melainkan, aplikasi ini akan mengukur arus pengisian daya pada Hp anda. Nah, hasil yang terukur oleh Ampere dapat dianalisa untuk menentukan apakah chargernya Asli atau Kw.

Sebelum melakukan pengujian ini, pastikan bahwa persentase baterai hp anda dibawah 80%. Hal ini karena pada saat persentase baterai diatas 80% maka Hp akan mengurangi arus pengisian. Hal ini bertujuan agar memperpanjang umur baterai. Metode ini telah lumrah digunakan oleh banyak brand Hp. 

Charger original akan menyuplai arus listrik pada Hp sesuai spesifikasi yang tertera pada bodinya. Misalnya saja, pada bodi Charger tertulis Output : 5V / 2.4A. Artinya, Charger akan menyuplai daya dengan tegangan 5Volt dan arus 2.400mA (2.4A). Arus tersebut dapat lebih atau kurang, namun tidak akan jauh dari spesifikasi. 

Nah, Jika setelah melakukan pengujian arusnya jauh dari spesifikasi yang tertera pada bodynya, maka dapat dipastikan charger tersebut KW.  

Contohnya pada gambar diatas. Yang sebelah kiri adalah output charger Kw atau abal-abal, sedangkan yang sebelah kanan adalah charger Original bawaan Hp. Terlihat jelas perbedaan arus pengisian dari keduanya. Arus pengisian yang lebih cepat tentunya akan membuat baterai Hp penuh dan siap digunakan kembali.

Akhir Kata

Cara mengetahui charger Hp Asli atau Kw ini dapat anda terapkan ketika anda hendak pergi membeli charger baru. Cara ini dapat dilakukan untuk semua merk Hp Android seperti merk Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, Infinix, ASUS, Huawei dan lainnya. Untuk pengguna Iphone pun dapat mengunduh Ampere � Charger Testing Pro pada App Store. 

0 Response to "Cara mudah mengetahui charger Hp asli atau Kw menggunakan Aplikasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel