Hp Lambat saat di Cas atau malah tidak mengisi ? Inilah penyebab dan Solusinya

Setiap orang mengharapkan pengisian daya baterai yang cepat pada perangkat Hpnya. Hal ini mendorong inovasi berbagai brand Hp untuk meningkatkan kecepatan pengisian daya baterai. 

Oppo bisa dikatakan sebagai pelopor dalam teknologi pengisian smartphone  cepat dengan VOOC Chargingnya. Oppo mengklaim bahwa inovasi mereka  mampu meningkatkan kecepatan pengisian sampai 400%. 

Setelah Oppo, berbagai pesaing pun mulai mengembangkan teknologi pengisian mereka sendiri, seperti Samsung, Xiaomi, Vivo, Realme, Asus  dan tentu saja Apple. Yang lagi trending adalah teknologi Super Charger yang disematkan pada Xiaomi Mi 10 Ultra, yang dibekali Charger dengan kapasitas  120 Watt, alias 12 Kali lipat kecepatan pengecasan normal. 

Meskipun banyak Hp telah disematkan fitur tersebut, masih saja muncul masalah pada saat ngecas Hp, yaitu waktu charger yang lama, atau bahkan tidak mengisi. Banyak yang mengeluhkan waktu pengecasan Hp yang semakin melambat, padahal seharusnya normal saja. Mengapa hal itu bisa terjadi ? 

Berikut adalah beberapa hal Penyebab Hp lambat saat di cas :

1. Baterai Soak

Baterai soak artinya kapasitas daya baterai sudah berkurang dan elemen di dalamnya sudah rusak. Hal ini menyebabkan kapasitas bateri berkurang dan pengisiannya menjadi lama. Misalnya saja kapasitas baterai yang tertera pada spesifikasi adalah 4000mAh, karena Baterainya soak kapasitasnya menjadi 2000mAh saja bahkan kurang. 

Nah loh, bukannya kalau kapasitasnya berkurang harusnya cepat penuh ?

Jawabannya tentu tidak, karena selain berkurang kapasitasnya, elemen pada baterai juga sudah rusak. Hal ini menyebabkan muatan listrik tidak mengalir secara maksimal. Akibatnya adalah, sudah ngecas lama, baterainya malah cepat habis.

2. Adapter Charger Rusak

Ini yang jarang diperhatikan. Banyak orang menganggap bahwa selama logo petir muncul pada saat cas dihubungkan, maka charger baik-baik saja. Padahal belum tentu, bisa jadi yang rusak malah charger pada Hp yang mengakibatkan daya pengisian berkurang. 

Rusak disini adalah komponen pada mainboard charger Hp. Didalam kepala charger terdapat sirkuit elektronik yang rentan terhadap pengaruh dari luar seperti benturan, air atau panas. 

Jika komponen mainboard pada charger  rusak, itu bisa berpengaruh pada tidak aktifnya fitur fast charging pada Hp, sehingga Hp anda terus mengisi pada mode normal. 

3. Kabel charger tidak sesuai standar

Standar kabel yang baik adalah benar-benar mengalirkan arus listrik tanpa hambatan sama sekali. Hambatan dalam dunia teknik adalah istilah dimana suatu bahan tidak dapat menghantar arus listrik dengan baik karena sifat bahan tersebut. 

Kabel charger yang tidak standard cenderung menggunakan bahan baku yang  memiliki hambatan dalam yang tinggi, karena harga bahan bakunya murah. Inilah alasan mengapa kabel charger atau kabel data yang hargenya murah, masa pemakaiannya pendek.  

4. Beban kerja Hp yang berat

Ini juga menjadi penyebab pengecasan yang lama. Jika Anda membaca artikel sebelumnya tentang Mengapa Hp Cepat panas saat bermain game dan Intenetan, maka Anda akan mengerti bahwa Hp yang menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan membutuhkan daya baterai yang besar pula.

Hal inilah yang luput dari perhatian. Terkadang ketika Hp sedang di cas, beberapa program atau aplikasi masih berjalan seperti data seluler, Bluetooth, NFC, Aplikasi social media, Maps maupun Game. Karena itu baterai anda mengisi dan menyuplai daya pada perangkat secara bersamaan. 

Apabila suplai daya yang dibutuhkan lebih besar dari daya pengisian charger, maka persentase baterai pada Hp Anda tidak bertambah, atau malah berkurang. 

5. Hardware atau Software bermasalah 

Hardware pada Hp yang biasanya menjadi biang kerok adalah  Modul charger. Modul charger ini adalah penghubung antara baterai dan Charger. Fungsinya adalah mengatur arus pengecasan pada baterai Hp. 

Sedangkan software yang bermasalah biasanya adalah sistem operasi Hp yang mengalami error atau bug sehingga persentase level baterai tidak presisi. 

Bagaimana Solusinya ?

Beberapa Tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi Hp yang Lambat saat di cas adalah :

1. Hentikan Aplikasi atau program di latar belakang

Hal ini bertujuan untuk meringankan beban kerja SoC pada Hp Anda sehingga Arus pengisian daya digunakan seluruhnya untuk mengisi daya baterai. Bukan hanya Aplikasi, namun beberapa program seperti data seluler, Wi-Fi, lokasi, NFC, atau Bluetooth juga sebaiknya dimatikan.

Kalau perlu, aktifkan mode pesawat sehingga Hp anda hanya akan standby tanpa mengaktifkan layanan jaringan telepon dan internet. Namun beberapa orang tidak biasa menggunakan cara ini karena tidak ingin ketinggalan informasi atau panggilan darurat.  

2. Bersihkan ujung kabel dan Port charger

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran atau debu yang mungkin menempel pada ujung kabel atau port charger. Debu dan kotorran yang menempel dapat menyebabkan hambatan pada jalur pengisian daya.

Seperti yang telah disinggung diatas, Hambatan pada jalur pengisian daya dapat mengakibatkan daya yang mengisi baterai tidak maksimal, sehingga mempengaruhi waktu pengecasan. 

3. Ganti kabel charger

Kabel Charger yang tidak berkualitas dapat menyebabkan tahanan dalam yang tinggi. Hal tersebut dapat mengurangi arus mengisian pada baterai Hp. Cobalah mengganti kabel charger Anda, dan lihat arus pengisian pada Hp.    

Anda dapat menggunakan Aplikasi Ampere untuk mengujinya. Download Aplikasi Ampere di Playstore dan uji Arus pengecasan pada Hp Anda. 

Seperti gambar diatas, terlihat arus pengisian pada kabel yang rusak sangat kecil. Ketika kabel diganti, arus pengisian perlahan naik dan stabil di angka 2800mAh, yang artinya HP dalam mode fast charging.  

4. Ganti Adapter Charger

Jika dengan mengganti kabel charger tidak membuahkan hasil, dan Hp anda masih lambat saat di cas, maka cobalah mengganti Adapter charger yang Anda punya. 

Gunakan cara yang sama dengan menguji arus pengisian pada Aplikasi Ampere. Jangan lupa untuk menguji Adapter pada perangkat Hp yang normal agar hasilnya dapat dibandingkan. 

Adapter charger yang berkualitas akan menyesuaikan arus pengisian sesuai dengan kebutuhan yang diminta oleh Hp. Sebaiknya selalu gunakan Adapter Hp original dari Merk Hp Anda. 

5. Ganti Baterai HP

Jika Kabel dan Adapter charger dirasa masih bagus, maka yang menjadi masalah mungkin adalah baterai Hp yang sudah soak. Baterai yang soak tidak dapat diperbaiki, satu-satunya cara adalah mengganti baterai dengan yang baru.

Bagaimana menjaga agar baterai tetap awet dan tidak cepat soak ? beberapa tipasnya adalah 

  • Jangan memakai ponsel sampai benar-benar lowbat. Charger di saat persentase dibawah 20%
  • Jaga temperature Hp tetap normal. 
  • Hindari penggunaan dan pengecasan Hp secara bersamaan. 
  • Hindarkan Hp dari benturan pada area baterai. 
  • Jika Anda suka bermain game online, lepaskan casing yang terpasang atau gunakan gamepad yang dilengkapi pendingin. 

Akhir Kata

Itulah beberapa Penyebab mengapa Hp Anda lambat atau lemot saat di cas atau tidak mengisi. Beberapa hal dipicu karena penggunaan yang tidak normal pada Hp, seperti dipakai berjam-jam, terjatuh, kotor maupun Chargger dan baterai yang digunakan tidak original. 


0 Response to " Hp Lambat saat di Cas atau malah tidak mengisi ? Inilah penyebab dan Solusinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel