Mengapa Hp Cepat Panas Saat Bermain Game ? Inilah Penyebab dan Solusinya

Aktivitas bermain game mobile selalu menjadi pilihan bagi banyak orang saat waktu luang. Terlebih pada masa pandemi saat ini dimana banyak larangan untuk beraktivitas diluar rumah. Sehingga waktu luang jadi lebih banyak.

Di tahun 2021 ini, semakin banyak platform mobile gaming yang bersaing merebut pasar di Indonesia seperti PUBG, Free Fire, Mobile Legend, Genshin Impact dan yang terbaru adalah LOL Wild Rift. 

Saat kita asik bermain game dengan smartpone atau hp kesayangan, masalah yang biasa muncul adalah timbulnya panas pada hp. Apalagi jika Anda bermain game berat yang menguras RAM, maka potensi hp anda untuk gampang panas menjadi semakin besar. 

via : youtube.com

Tidak hanya itu, temperature hp yang panas sering juga dibarengi dengan penurunan performa hp seperti Lemot atau macet, FPS yang drop, Sinyal terganggu dan Baterai yang cepat habis.  Anda Pasti kesal jika terjadi hal seperti ini ? terlebih lagi jika Anda sedang main bersama teman. Sangat menyebalkan.

Sebenarnya, Apa yang menyebabkan Hp panas ketika digunakan ?

Jika kita bedah penyebabnya secara esensial, terdapat fakta bahwa Smartphone kita sebenarnya adalah sebuah sistem. 

Sistem tersebut terdiri dari banyak modul terpisah, diantaranya adalah SoC dan RAM. Pastinya jika Anda seorang yang suka bermain game, Anda akan sangat mempertimbangkan dua hal ini sebelum membeli smartphone bukan ? 

Smartpone Mainboard

System On Chip (SoC) adalah chip yang didalamnya terdapat berbagai processor yang berfungsi untuk mengolah data pada smartphone seperti mengolah gambar, suara, sensor,  melakukan perhitungan, multitasking dan lainnya. 

Orang lebih mengenal SoC dengan istilah prosesor atau chipset saja.  Anda pasti familiar dengan merk SoC Snapdragon dan Mediatek.  Sedangkan RAM adalah tempat penyimpanan sementara dimana data tersebut diolah. Semakin banyak data yang diolah, maka RAM akan semakin penuh.

Nah perlu Anda ketahui bahwa SoC dan RAM ini adalah perangkat elektronik yang terdiri dari komponen elektronik kecil, yaitu transistor. Jumlahnya sangat banyak, sekitar jutaan hingga milyaran unit tersusun rapi didalam SoC dan RAM anda.Ukurannya pun sangat kecil, hanya beberapa nanometer. 

Sifat dari Transistor ini seperti sebuah saklar, yang melewatkan Informasi atau data. Semakin banyak data yang diolah oleh SoC, semakin banyak pula Transistor yang bekerja. 

Tampak dalam SoC saat diperbesar. Setiap titik yang Anda lihat berisi ribuan transistor

Informasi yang dilewatkan oleh transistor membutuhkan Energi Listrik. Itulah alasannya,semakin banyak Aplikasi yang berjalan pada smartphone anda, semakin cepat pula baterainya habis. 

Akibat lain dari transistor yang dialiri listrik adalah timbulnya energi berupa panas. Semakin berat sebuah aplikasi berjalan pada smartphone anda, maka data yang harus diolah oleh SoC dan RAM pada Smartphone anda akan semakin banyak. Akibatnya, semakin banyak pula transistor yang harus bekerja, mengakibatkan panas yang ditimbulkan semakin besar. 

Hal yang sama juga terjadi pada baterai. Baterai yang dikuras dayanya karena pemakaian Hp mengakibatkan ion didalan baterai bergerak sangat cepat. Hal ini juga menyebabkan panas pada baterai. 

Ketika Anda bermain game, maka Smartphone Anda akan melakukan multitasking alias bekerja banyak hal secara bersamaan. Karena Smartpone harus menampilkan data pada layar, membaca touchscreen Anda secara realtime, mengolah sensor Axelerometer maupun Gyroscope, mengirim dan menerima data dari server melalui internet dan mengolah audio dan output speaker. Sehingga, Panas yang ditimbulkan dari banyaknya transistor yang bekerja pada SoC dan RAM anda semakin besar. 

Faktor lain yang Mempengaruhi

1. Kualitas HP

Kualitas dari sebuah HP tidak lepas dari spesifikasi yang ditanamkan di dalamnya. Setiap brand Hp memiliki spesifikasi yang berbeda untuk setiap seri yang mereka rilis, Termasuk spesifikasi SoC nya. Semakin canggih sebuah SoC di dalam sebuah Hp, semakin mahal pula harganya. 

Di dalam SoC Terdapat berbagai blok chip yang memiliki fungsi dan tujuan masing-masing. Ada yang berfungsi mengolah gambar, Pengolah RAM dan Internal, fitur keamanan, pengolah GPS, bloetooth, Wi-Fi, NFC dan lainnya. Semakin canggih sebuah SoC maka  semakin handal pula dalam mengolah data, multitasking dan managemen daya serta panas dari Hp.

Nah, sebelum membahas tips dan trik mengatasi Hp yang panas, sekarang lihat dulu, apakah spesifikasi dari Hp anda memang sudah mendukung untuk bermain game ?

2. Pola Pemakaian

Kemudian ada pola pemakaian, berkaitan dengan bagaimana cara kita dalam memperlakukan Hp. Banyak masalah yang terjadi karena perlakuan yang buruk terhadap Hp kita. 

Memperlakukan Hp dengan buruk misalnya digunakan sampai baterai benar-benar kosong, atau sering ceroboh menjatuhan Hp, atau mungkin Anda suka membanting Hp ketika kalah bermain game ? 

Hp adalah sebuah mesin yang didalamnya terdapat banyak komponen yang disatukan dalam sebuah Mainboard. Mainboard ini terdiri dari banyak lapisan yang sangat tipis dan rentan terhadap kemungkinan rusak. Jika ada komponen sekecil pasir didalam Hp anda yang rusak, itu bisa mempengaruhi kinerja Hp keseluruhan, bahkan bisa rusak. 

Lalu, bagaimana mengatasi Panas yang ditimbulkan ?

Ada beberapa trik yang bisa digunakan untuk mengurangi panas pada Hp Anda. Diantaranya adalah :

Jangan buat Smartphone anda mengolah banyak data. 

Ini adalah cara yang paling Praktis. Seperti yang telah dijelaskan diatas, semakin banyak aplikasi yang berjalan, semakin banyak pula data yang diolah. Semakin banyak data yang diolah semakin besar panas yang akan ditimbulkan. Untuk mengurangi data yang diolah, Hal yang dapat anda lakukan adalah :

  1. Uninstal Aplikasi yang tidak Perlu
  2. Hentikan Aplikasi atau program pada latar belakang
  3. Install game booster
  4. Atur kualitas tampilan pada game 
  5. Pilih Operator jaringan dengan sinyal kuat di wilayah anda

Nomor 3 sebenarnya agak kontroversial. Bagaimana tidak, jika anda menginstal game booster bukannya anda akan menambah  data yang diolah pada Hp ? ada yang menyatakan bahwa menginstal aplikasi semacam itu malah menambah beban Hp, namun beberapa orang merekomendasikan ini berdasarkan pengalaman pribadi. Bijaknya anda coba sendiri.

Menyerap Panas Pada Smartphone

Menyerap panas smarphone dapat dilakukan dengan menempelkan pendingin, baik berupa logam saja maupun dengan bantuan kipas. Fungsinya adalah menyalurkan panas keudara keluar sehingga menurunkan temperatur.  Ada banyak pendingin atau cooler yang telah dijual dengan harga murah dipasaran. 

Atau Jika Anda tidak memiliki pendingin, Minimal anda jangan memakai case pada smartphone anda, baik hardcase maupun softcase. Fungsi case adalah untuk perlindungan dari benturan dan goresan pada bodi Smartphone. Namun case sangat buruk untuk menyalurkan panas dari bodi ke udara. Anda dapat melepas case pada saat bermain game, dan memasangnya lagi ketika selesai. 

Kesimpulan

Panas tidaknya Smartphone Anda saat bermain game itu tergantung dari banyaknya data yang diolah, apalagi ketika bermain game berat.  Jika Anda merasakan panas saat bermain game, maka data yang diolah oleh smartphone Anda terlalu banyak sehingga banyak pula energi baterai yang diperlukan untuk mengolah data tersebut.  Baterai anda akan cepat habis, kualitas sinyal dan tampilan display layar anda akan terganggu karena SoC dan RAM Anda terbebani oleh multitasking. 

Dalam memilih Smartpone, hukum yang selalu berlaku adalah �ada harga ada rupa�. Semakin mahal Smartphone anda, semakin tinggi teknologi untuk mengantisipasi panas tersebut. 


0 Response to "Mengapa Hp Cepat Panas Saat Bermain Game ? Inilah Penyebab dan Solusinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel