Mengapa Hp Cepat Panas saat Internetan ? Ini Penyebab dan Solusinya

Berselancar di dunia internet sudah menjadi rutinitas sehari-hari kita. Kemajuan teknologi membawa manusia ke era mobile dimana untuk mengakses internet cukup lewat HP saja, dimana pun dan kapan pun. 

Di Internet kita bisa melakukan banyak hal, seperti Chatting, meeting, nonton, belajar atau bekerja dengan berbagai platform aplikasi yang tersedia lengkap.

Apalagi waktu pandemi covid 19 saat ini, dimana pekerjaan dan pembelajaran banyak dilakukan di rumah. Peran Internet menjadi sangat krusial. Banyak Provider menawarkan paket data dengan harga murah. 

Hal ini dikarenakan pasar pengguna internet di Indonesia yang sangat besar.  Hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) periode 2019-kuartal II/2020 mencatat, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 196,7 Juta. 

Namun, terkadang masalah muncul saat pengguna Hp berselancar di dunia internet. Hp menjadi cepat panas dan mengganggu kenyamanan. Mengapa itu bisa terjadi ?

Jawabannya adalah Kerja Hp anda terlalu berat!

Jadi gini, Hp atau Smartphone Anda merupakan sebuah sistem yang terdiri dari banyak modul elektronik yang bekerja di dalamnya. 

Modul itu diantaranya adalah Sensor seperti Gyro, Axelerometer, Kompass, Proximity, Ambient Light, modul amplifier untuk speaker, modul kamera, modul jaringan, Memori internal, RAM,  dan modul lainnya. Semua modul ini di proses datanya di dalam suatu chip yang disebut SoC (System on Chip).

Modul-modul pada mainboard Hp

Semua Modul tersebut pada dasarnya tersusun dari jutaan atau bahkan miliaran Transistor di dalamnya. Prinsipnya adalah, semakin banyak data atau informasi yang diolah oleh Hp Anda, maka semakin banyak transistor yang harus digunakan. 

Transistor pada modul Hp memiliki ukuran nanometer dan terbuat dari bahan semikonduktor. Ibarat Saklar, Transistor disusun sedemikian rupa membentuk gerbang logika untuk melewatkan informasi. 

Nah, Transistor bekerja menggunakan arus listrik. Artinya, semakin banyak data yang diolah Hp anda maka semakin banyak pula Arus listrik yang digunakan. Arus listrik ini diambil dari baterai Hp. Itulah sebabnya, selain terasa panas, Hp Anda akan menjadi boros baterai.  

Hp yang panas menjadi tanda ponsel Anda bekerja lebih keras. 

Lalu apa hubungannya dengan Internet ? Internet menambah beban kerja Hp Anda. Modem Jaringan pada Hp harus bekerja lebih keras untuk mengolah kualitas sinyal yang akan dibutuhkan untuk menjalankan berbagai aplikasi yang mungkin berjalan bersamaan.

Misalnya saja Whatsapp, Facebook, Instagram, Youtube maupun Google Chrome. Belum lagi tampilan layar, speaker yang berbunyi dan sistem operasi yang berjalan selama anda gunakan. 


Lalu Apa Solusinya ?

Cara terbaik mengatasi Hp yang cepat panas adalah menguragi beban kerja smartphone Anda. Beberapa tips yang dapat Anda lakukan adalah :

1. Pilihlah Provider dengan jaringan kuat di wilayah Anda

Jaringan Provider seluler yang lemah akan menambah beban kerja dari modem jaringan. Dengan jaringan yang kuat, Informasi yang diolah akan lebih cepat dan dapat meringankan kerja modul jaringan dan SoC dalam Hp serta menghemat daya baterai. Tentunya hal ini dapat mengurangi panas yang ditimbulkan. 

Apabila tersedia jaringan Wifi, maka akan lebih bagus lagi. Pastikan hanya mengaktifkan satu mode jaringan saja, antara Wi-Fi atau data seluler.

2. Uninstal Aplikasi yang tidak berguna

Mengoleksi banyak Aplikasi dapat menambah Kapasitas memori internal Hp Anda. Sebaiknya Hapus aplikasi yang jarang digunakan, atau aplikasi ganda. 

Usahakan untuk memaksimalkan aplikasi bawaan pada Hp, karena lebih hemat ruang memori dan mengurangi task yang dikerjakan SoC.  

Banyak dari brand Smartphone sudah menyematkan banyak aplikasi pihak ketiga yang ringan dan mudah digunakan, contohnya adalah Xiaomi tools. 

Aplikasi bawaan lain seperti manager file foto, pakai saja galeri bawaan ponsel. Atau membuka dokumen pdf atau word, biasanya sudah tersedia aplikasi bawaan pada Hp. 

3. Hentikan Aplikasi yang berjalan di latar belakang

Aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menambah beban kerja pada SoC Hp Anda. Walaupun aplikasi yang berjalan memang anda sering pakai, terkang aplikasi tersebut berjalan walaupun anda tidak menggunakannya. 

Anda dapat mengatur Aplikasi apa saja yang berjalan di latar belakang pada saat Hp anda dinyalakan. Anda dapat membuka Setting >> Apps & Notofication >> Background Procces

Matikan aplikasi yang Anda anggap tidak perlu berjalan. Letak untuk mematikan background process mungkin agak berbeda untuk setiap merk. 

4. Hapus Cache dan file yang tidak terpakai

Fungsinya tentu untuk melegakan kapasitas memori internal. Kapasitas yang lega memungkinkan transfer data menjadi lebih cepat. 

Beberapa brand telah menyediakan aplikasi bawaan untuk menghapus cache dan file sampah pada hp, jadi tidak perlu menginstal aplikasi Clean Master lagi.

5. Jangan sering menggunakan Spit Screen

Split screen adalah cara untuk membelah dua layar sehingga dapat menampilkan dua task secara bersamaan. Biasanya layar yang di split secara horizontal untuk  dipakai nonton video dan chatting. Hal ini akan membebani kerja Hp anda. 

Kesimpulan

Hp yang panas ketika digunakan disebabkan banyaknya data yang diolah oleh SoC. Selain menimbulkan panas, baterai Hp akan cenderung boros. 

Cara terbaik untuk mengurangi panasnya adalah dengan mengurangi beban kerjanya. Memaksimalkan kualitas jaringan, Melegakan Kapasitas memori internal dan RAM, serta meminimalkan aplikasi yang berjalan adalah solusi terbaik. 


0 Response to "Mengapa Hp Cepat Panas saat Internetan ? Ini Penyebab dan Solusinya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel