Perbandingan Layar IPS dan AMOLED Pada Smartphone, Mana Yang Lebih Baik ?

Saat ini memang banyak sekali jenis smartphone Android yang beredar di pasaran, dimulai dengan smartphone Android (distributor) yang resmi dijual dan masuk secara ilegal, Anda sebagai konsumen akan dengan mudah melihat hal tersebut.

Biasanya dalam hal ini kita akan mendapatkan banyak keuntungan, karena dengan banyaknya jenis ponsel pintar android maka mudah bagi kita untuk memiliki ponsel pintar android yang benar-benar memenuhi kebutuhan kita.

Seperti yang Anda ketahui, banyak pemasok atau produsen smartphone saat ini terlibat dalam kegiatan meraup rejeki dari bisnis smartphone Android, baik itu smartphone branded maupun smartphone Android lokal, yang kesemuanya memiliki sendiri produk smartphone yang diproduksi dan dijual.

Dari sisi pembeli, ada beberapa pertimbangan yang penting sebelum memilih smartphone, diantara yang utama adalah tipe SoC, kapasitas RAM, kapasitas baterai, speaker, fitur kamera serta dimensi layar, termasuk teknologi yang digunakan di dalamnya. Terlebih lagi bagi yang suka bermain game, maka layar atau display adalah antarmuka utama yang krusial selain RAM dan tipe SoC. 

Display Panel (Panel Layar) Pada Smartphone

Ya, dalam hal ini kami hanya akan fokus dan memperhatikan masalah dua panel layar yang dominan digunakan pada smartphone Android, IPS LCD (In Plane Switching LCD) dan AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode).

Padahal, meski terlihat sama, kedua panel layar tersebut memang menjadi panel layar terpopuler dan favorit bagi pengguna smartphone Android saat ini. Bahkan, kedua panel layar tersebut sangat berbeda pada aspek berikut:

  1. Warna
  2. Konsumsi Daya
  3. Daya tahan
  4. Teknik yang bisa diterapkan
  5. Diadopsi pada level pasar
  6. Masalah yang muncul

Nah, jika Anda adalah calon pembeli smartphone Android kelas menengah baru, semoga pengetahuan berikut bisa sangat berguna untuk Anda.

Karena kedua panel layar ini biasanya digunakan pada smartphone Android mid-range yang saat ini tersedia, mana yang lebih baik, yaitu panel layar IPS atau AMOLED yang biasanya super AMOLED?

IPS dan AMOLED di Android

Seperti yang kami sebutkan di atas, kedua panel layar ini merupakan panel layar yang paling umum digunakan oleh produsen ponsel pintar Android saat ini, karena pada dasarnya hanya ada dua jenis panel layar yang dapat digunakan.

Jika tidak terbuat dari LCD seperti IPS, maka tentunya OLED atau biasanya tipe AMOLED, lalu apa perbedaan kedua panel display tersebut?

Jika Anda ingin bertanya, apakah kedua panel display ini berbeda? Maka jawabannya pasti beda, karena strukturnya juga sangat berbeda, yang lain menggunakan kaca film transistor, dan satunya lagi mengandalkan bahan organik untuk memancarkan cahaya.

Samsung adalah brand yang dikenal konsisten memakai layar AMOLED pada Flagship mereka, seperti Samsung Galaxy series dan Samsung Note series. Meski demikian, persaingan ketat antara para vendor membuat brand ini harus melakukan beberapa inovasi, diantaranya membekali ponsel midrange mereka dengan AMOLED seperti Galaxy M21, Galaxy A31 dan Galaxy M51.

Bicara soal layar, yang lagi trending adalah Xiaomi Mi 10T Series. Ponsel ini dibandrol dengan harga mulai 6 juta dengan layar IPS. Walaupun telah dilengkapi fitur adaptive sync, beberapa orang merasa kurang cocok apabila smartphone dengan harga segitu hanya dibekali panel LCD. Sebagai pelengkap, Xiaomi juga membekali layar tersebut dengan Refresh Rate 144Hz. 

Perbedaan Warna Antara IPS dan AMOLED

Ini adalah hal pertama yang akan kita bahas kali ini, dan berkaitan dengan masalah performa warna yang ditampilkan pada setiap panel display.Umumnya, panel layar IPS dan AMOLED saat ini dapat menghasilkan warna asli yang sangat bagus.

Namun jika kita bahas mana yang terbaik, maka jawabannya pasti AMOLED, karena warnanya yang hitam pekat.

Lantas, apa hubungan komposisi warna yang bagus dengan warna hitam pada layar AMOLED?

Jika Anda adalah orang awam dan masih kurang paham dengan masalah warna, tentu Anda tidak tahu dan meremehkan hal ini, namun tentunya Anda tidak bisa meremehkan hal ini.Melalui konfigurasi hitam pekat pada panel display AMOLED, terlihat jelas bahwa layar AMOLED akan lebih jernih dan tajam dibandingkan layar IPS LCD.

Konsumsi Daya panel IPS VS AMOLED

Selanjutnya, kita harus mengatasi masalah konsumsi daya baterai pada dua jenis panel layar.Secara umum, konsumsi energi panel layar AMOLED lebih rendah 20-30% dibandingkan dengan panel IPS LCD. Mengapa?

Karena jika smartphone Android lebih banyak menampilkan gambar dengan komposisi warna hitam maka konsumsi daya baterai akan lebih hemat.Pasalnya, saat panel layar AMOLED ditampilkan berwarna hitam dan terlihat tebal, dalam hal ini piksel pada panel layar tidak mengeluarkan cahaya.

Kami dapat mengungkapkan alasan mengapa piksel memang dimatikan dan tidak berfungsi, itulah rahasia mengapa warna hitam pada panel layar AMOLED begitu pekat.

Alhasil, karena panel layar tidak membutuhkan daya untuk menampilkan warna hitam, maka jelas konsumsi daya baterai ini tentunya lebih irit dibandingkan dengan tampilan panel layar IPS tanpa fungsi serupa.

Ketahanan Layar dari Panel IPS dan AMOLED

Yang dimaksud dengan daya tahan bukanlah bertahan dalam konsumsi daya baterai, tetapi daya tahan sebenarnya, seperti tertabrak, terkena api, atau terkena benda keras dan berbahaya lainnya, siapa yang terbaik?

Oleh karena itu tampilan panel layar AMOLED harus hilang disini, karena dalam hal ini panel layar IPS LCD lebih fleksibel dari pada panel layar AMOLED.

Contoh sederhananya adalah ini: Jika smartphone Android Anda jatuh dari ketinggian yang wajar (misalnya 1 meter), layar IPS smartphone Android seharusnya tidak mengalami masalah. Jika sudut kemiringan salah, mungkin hanya ada bagian tertentu dari kaca layar. Satu sudut rusak.

Namun hal ini akan berbeda pada smartphone Android yang memiliki layar AMOLED, jelas menjadi masalah besar jika jatuh dari ketinggian 1 meter, karena biasanya layar AMOLED itu sendiri akan berkedip-kedip yang merupakan kerusakan permanen. 

Anda mungkin familiar dengan masalah layar AMOLED pada ponsel Samsung yaitu Shadow atau bayangan. Shadow adalah kondisi dimana pada layar ponsel terdapat gradasi warna yang tidak sesuai dan dominan pada warna tertentu,seperti merah atau hijau. Biasanya shadow pada ponsel melintang vertikal atau horizontal pada layar. 

Shadow pada layar AMOLED

Penerapan Teknologi Layar IPS dan AMOLED

Nah, untuk teknis implementasi kedepannya, dalam hal ini panel tampilan layar IPS harus tetap dipertahankan. 

Karena semua teknologi terkini, seperti sidik jari di layar (sidik jari di bawah layar), sensor di bawah layar, dan kamera selfie di bawah layar, semua itu hanya bisa dilakukan di panel layar AMOLED, mengapa tidak bisa dilakukan di IPS?

Jawabannya karena secara struktural tidak mungkin, karena panel layar IPS menggunakan backlight untuk memancarkan cahaya, tidak mungkin membuat lubang pada sensor dan kamera.

Oleh karena itu, untuk masalah implementasi teknis di masa mendatang, jelas bahwa panel layar AMOLED akan menjadi pemenangnya.


0 Response to "Perbandingan Layar IPS dan AMOLED Pada Smartphone, Mana Yang Lebih Baik ? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel