Review OPPO Reno 4 Pro, Dibekali 5 Kamera Canggih !

OPPO Reno 4 Pro  - Sebagai opsi termahal di seri Reno4, OPPO meluncurkan produknya secara besar-besaran dan menggunakannya dengan artis dan penyanyi lokal dan internasional. Iklan OPPO Reno 4 Pro ada di mana-mana secara online dan offline. Reno 4 memiliki desain yang lebih canggih dan bisa disebut sebagai yang terbaik di kelasnya.

OPPO Reno 4 Pro adalah pilihan terbaik untuk produk kelas menengah dan kelas atas. Harganya memang tidak mencapai level flagship belasan juta Rupiah, namun hampir mendekati harga level flagship murah di pasar Indonesia. Basis OPPO kira-kira sama dengan Reno 4 dan menyediakan fitur lain untuk seri ini, termasuk pengisian daya SuperVOOC 2.0 65W.

Desain OPPO Reno 4 Pro

Andai saja Reno 4 memiliki desain yang lebih stylish dari seri sebelumnya, maka OPPO Reno 4 Pro akan menghadirkan penyempurnaan lebih jauh. Memang secara keseluruhan tampilannya mirip, apalagi desain panel belakangnya memiliki finishing matte dan bingkai kamera serupa. Ada dua pilihan warna, review kami kali ini adalah "Silky White and Starry Night".

Meski layarnya sedikit lebih besar, namun secara keseluruhan ukurannya lebih kecil dari Reno 4, bahkan lebih ringan 4 gram, atau 161 gram. Ini sulit ditemukan, terutama di kelas premium mid-range yang sebagian besar memiliki berat lebih dari 180 gram. Ini karena penggunaan bingkai plastik dan penutup belakang.

Saat dipegang masih terasa kencang dan tidak rapuh. Bahkan setelah mengenai bodi, umpan baliknya akan berbeda dari kaca. Kami pikir ini masih dapat diterima selama perawatan permukaannya bagus. Permukaan matte OPPO Reno 4 Pro yang matte membuatnya mulus dan tidak mudah ternoda. Ponsel pintar ini ringan, sehingga cocok untuk pria dan wanita.

Layar

Dengan desain melengkung 3D, sisi-sisi layar OPPO Reno 4 Pro sedikit melengkung di sisi kiri dan kanan. Ditambah dengan empat bezel yang sangat tipis termasuk bezel bawah, smartphone ini terlihat sangat berkualitas dari depan. Desain ini juga membuat Reno 4 Pro terasa sangat ramping.

OPPO memiliki layar 6,5 inci dan menggunakan panel AMOLED dengan perlindungan Gorilla Glass 5. Refresh rate telah ditingkatkan, dan sekarang mencapai 90Hz, dan tingkat sampling sentuh 180Hz. Layar mendukung standar warna 100% DCI-P3, dan dapat mencerahkan hingga 1100 nits bila diperlukan.

Memang secara default, layar OPPO Reno 4 Pro lebih terang dari pada Reno 4 biasa. Hanya saat digunakan dalam kondisi gelap di malam hari (seperti di dalam mobil), layarnya sering kali terlihat lebih terang dari yang seharusnya. Menurut kami kecerahan adaptif perlu disesuaikan, tetapi setelah penggunaan selama seminggu, masalah ini masih terjadi.

HDR10 sudah didukung, dan layarnya sangat menyenangkan. Menggabungkan wallpaper artistik dan wallpaper hidup pilihan, serta fungsi Edge Lightning untuk notifikasi, membuat OPPO Reno 4 Pro terlihat seperti satu juta smartphone lainnya. Ini adalah salah satu smartphone OPPO dengan desain terbaik yang pernah digunakan.

Kamera

Jika sudah cukup baik, mengapa harus diubah? Mungkin analogi ini cocok untuk mendeskripsikan pengaturan kamera pada OPPO Reno 4 Pro. Pasalnya, dari pengaturan kamera depan hingga empat kamera belakang, pengaturan kameranya persis sama.

Guna memenuhi kebutuhan selfie, disiapkan kamera 32MP f / 2.4 di bagian depan, dan tidak ada sensor tambahan untuk menghasilkan efek potret. Meski begitu, foto portrait masih sangat bagus, dengan pemisahan yang mulus antara objek dan background. Kami memiliki sedikit keluhan bahwa hasil foto sering kali overexposed atau lebih terang dari kondisi aslinya, terutama saat menggunakan masker.

Terdapat empat sensor kamera di bagian belakang yang ditempatkan berdampingan dengan sensor utama Sony IMX586 (beresolusi 48MP f / 1.7 dengan PDAF, tanpa OIS). Selain itu, ada sensor sudut ultra lebar 8MP f / 2.2 dan dua sensor 2MP f / 2.4 untuk sensor makro dan kedalaman. Sensor utamanya mampu merekam video dengan resolusi hingga 4K 30fps dan slow motion hingga 960fps.

Fitur

OPPO Reno 4 Pro tentunya memiliki beberapa fitur tambahan yang menarik saat menjalankan ColorOS 7.2 berbasis Android 10. Opsi wallpaper hidup sangat bagus untuk menampilkan layar 3D melengkung, dan pengguna masih dapat menyesuaikan font dan tampilan lain agar lebih personal. Mode gelap pada ColorOS juga dapat mengubah aplikasi pihak ketiga, seperti Gojek, agar lebih nyaman di layar AMOLED.

Apakah Anda suka bermain game di ponsel cerdas Anda? Pengguna dapat dengan bebas mengakses aplikasi lain sebelum menunggu game PUBG Mobile dimulai. OPPO dapat bekerja dengan Epic Sound untuk bersantai, mengunci notifikasi, dan memutar suara alam.

Performa

OPPO masih menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 720G pada seri Reno 4 yang lebih canggih. Nyatanya tidak terlalu banyak keluhan mengenai chipset ini, yang mampu memberikan performa terbaik bahkan untuk smartphone mid-range dengan refresh rate tinggi.

Namun perbedaan harga yang sangat besar membuat kami berharap untuk setidaknya menggunakan chipset yang lebih baik, seperti Snapdragon 730G (atau bahkan 765G). Berhubung smartphone lain memiliki harga yang sama, beberapa smartphone sudah menggunakan chipset tercanggih yang disediakan oleh Qualcomm.

Untuk Skor AnTuTu Reno 4 tergolong cukup tinggi. Dikutip oleh  united4buy.com, skor untuk Reno 4 adalah 328.668. Ini mengungguli beberapa smartphone kelas sejenis seperti Vivo X50 dan Meizu 17 Lite.


Dipadukan dengan RAM LPDDR4x 8GB, OPPO memberikan kapasitas memori internal dua kali lipat dari OPPO Reno 4 Pro, kini hingga 256GB tipe UFS 2.1. Ideal untuk Anda yang ingin menyimpan file media secara offline (seperti dari Netflix atau Spotify). Sayangnya, OPPO tidak menggunakan earpiece sebagai speaker kedua untuk menghadirkan efek stereo. Mengingat layarnya sendiri telah memanjakan mata, maka akan terasa sempurna.

Baterai

Meski dengan desain tipis dan ringan, kapasitas baterai OPPO Reno 4 Pro hampir sama dengan seri Reno 4, yakni 4.000 mAh. Namun fitur khusus dari smartphone ini adalah adanya teknologi charging SuperVOOC 2.0. Menggunakan charger 65 watt, hanya membutuhkan waktu sekitar 35 menit untuk mengisi daya smartphone, dari kosong hingga penuh.

Untuk daya yang disediakan, ukuran chargernya tergolong kecil. Sama seperti teknologi pengisian VOOC pada umumnya, ketika smartphone perlu diisi saat digunakan, tidak akan panas. Namun tentunya karena layarnya yang lebih rumit, daya tahan baterainya tidak seistimewa seri Reno 4.

Kesimpulan

Banyak pengguana sangat puas dengan layanan yang diberikan oleh OPPO Indonesia melalui seri Reno 4. Dengan Reno 4 Pro, kepuasan ini dipadukan dengan pengisian daya instan, kapasitas penyimpanan lebih besar, dan desain yang disempurnakan dengan layar sensor tanpa batas 90Hz.

Dengan Harga kompetitif di kelasnya, Oppo Reno 4 Pro dibanderol dengan harga 6,2 Juta untuk varian RAM/Internal 8GB/128GB dan 6.5 Juta untuk varian RAM/Internal 8GB/256GB. 


0 Response to "Review OPPO Reno 4 Pro, Dibekali 5 Kamera Canggih !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel