Skip to main content

Cara Mengganti Rantai Keteng /Rantai Sentrik Motor Bebek Honda

Apa si sebenernya Fungsi dari Rantai keteng/Rantai sentrik pada sebuah sepeda motor, dan bagaimana cara untuk menggantinya.

Pada umumnya rantai sentrik digunakan pada setiap kendaraan sepeda motor yang memiliki sistem 4 langkah atau di sebut 4 TAK karna mesin motor yang menggunakan sistem 2 langkah atau 2 TAK tidak memilikinya.

Fungsinya adalah untuk menggerakan putaran noken as dari putaran poros engkol sehingga tonjolan pada noken as akan menggerakkan roker arm sehingga klep akan membuka dan menutup akibat tekanan dari roker arm tersebut.

Dalam pemasangan rantai sentrik itu tidak hanya asal pasang saja, karna ada yang namanya titik TOP antara magnet dan gear sentrik bagian kepala silinder mesin, jika salah dalam memasang posisi titik TOP hal yang bakal terjadi piston akan menabrak klep dan klep akan mengalami bengkok dan akhirnya klep akan bocor dan kompresi pasti hilang.

CARA MELEPAS RANTAI SENTRIK MOTOR HONDA SUPRA FIT, SUPRA X, GRAND, LEGENDA


Siapkan dulu kunci dan alat yang diperlukan kunci - kunci tersebut ialah :

Kunci T8, T10, Ring10, Tang spie, TANG GRIP, Traker Magnet, Kunci inggris, Kunci RING22, Kunci shock14, Obeng min besar(-) dan Obeng ketok.

Jika semua kunci telah tersedia saatnya untuk melakukan pembongkaran.

1. Lepas tutup busi kemudian lepas baut 10 dan dorong bautnya supaya tutup gear sentrik bagian kepala silinder terlepas.


2. Lepas baut gear sentrik menggunakan kunci T8 dan lepas gearnya.
3. Lepas pedal gigi menggunakan kunci ring10 dan lepas bak magnetnya menggunakan kunci T8.


4. Kemudian lepas baut Roller sentrik besar menggunakan kunci T10.

5. Lepas mur magnet menggunakan kunci shock14 kemudian lepas magnet menggunakan traker magnet, dan ambil spie pengunci magnet yang ada pada poros engkol dengan cara dicongkel pakai obeng min(-).

6. Lepas penahan gear penghantar stater pakai kunci T8 atau T10, dan lepas spie gear stater pakai tang spie, dan kemudian lepas gear stater rantai stater dan gear penghantar stater secara bersamaan dengan cara di tarik keluar.

7. Lepas tutup rantai sentrik menggunakan obeng ketok, dan jepit tonjolan tutup rantai sentrik kemudian congkel pakai obeng min besar(-), maka akan terlihat bagian dalamnya seperti gear pompa oli, Roller sentrik kecil, dan rantai sentrik.

8. Lepas sulingan sentrik dengan cara melepas bautnya yang ada pada bagian bawah mesin menggunakan kunci shock14, kenapa harus di lepas, hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam pemasangan gear sentrik bagian kepala silinder.


9. Tarik Sentrik kebelakang supaya lepas dan lepas roller besar dan roller kecilnya.

Silahlan bersihkan semua komponennya dahulu sebelum memasangnya lagi.

Dan untuk pemasangannya

1. Pasang sentrik dari belakang dan tarik dari depan menggunakan kawat, kemudian pasang roller besar dan roller kecilnya.

2. Pasang tutup sentrik dan lem supaya oli tidak bocor ke ruang magnet.

3. Pasang gear stater besar dan kecilnya bersamaan dengan rantai staternya, sekalian pasang plat penahan gear stater besar dan spie gear stater kecilnya.

4. Pasang spie magnet dan pasang magnet sambil di putar kekanan dan pasang murnya dan kencangkan, sekalian pasang bak magnetnya.

5. Putar magnet kedepan dan paskan pada titik T, sentrik harus sambil di tarik kedepan supaya tidak selip.


6. Pasang gear sentrik depan dan paskan titik gear pada titik head, setelah itu pasang bautnya tapi jangan di kencangkan dulu, pasang sulingan sentriknya baru kencangkan baut gear sentriknya.

7. Pasang tutup gearnya.

Setelah semua terpasang dengan baik dan benar silahkan anda cek olinya dulu, kemudian coba diputar kedepan pelan-pelan magnetnya menggunakan kunci shok14, jika dirasa putaran lancar dan tidak ada masalah saatnya coba untuk dihidupkan, dan semoga berhasil.
Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->