Materi Mendiagnosis Kerusakan Kopling

Materi Mendiagnosis Kerusakan Kopling - Selamat berjumpa kembali Pembaca SMKN1SKL, Kami sangat senang bisa bertemu anda kembali dalam membahas materi atau artikel Materi Mendiagnosis Kerusakan Kopling, kami telah menyusun artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga postingan atau artikel kategori Artikel diagnosis, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Setiap penulis artikel memiliki sudut pandang masing-masing

Kami memiliki sudut pandang secara umum akan hal Materi Mendiagnosis Kerusakan Kopling ini akan kami bahas dan jabarkan kepada anda. Meskipun demikian semoga tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMKN1SKL, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah Materi Mendiagnosis Kerusakan Kopling. Selamat membaca!

Materi Mendiagnosis Kerusakan Kopling

Materi Mendiagnosis Kerusakan Kopling

Materi Mendiagnosis kerusakan kopling kali ini untuk siswa kelas XII TKR. Pada awal semester genap ini siswa akan mengikuti pembelajaran mendiagnosis kerusakan kopling sebagai penerapan pengetahuan. Materi ini tidak sulit, asalkan prasyarat materi sebelumnya, yaitu merawat kopling telah dituntaskan.

Prosedur mendiagnosis kerusakan kopling akan menghasilkan poin atau tabel kemungkinan kerusakan. Mendiagnosis kerusakan kopling dapat dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari menggunakan buku pedoman reparasi, cara kerja, pengalaman, ataupun mencari referensi dari internet.

Metode mendiagnosis kerusakan kopling dapat dibedakan menjadi dua metode, yaitu metode dari hulu ke hilir, dan metode dari hilir ke hulu. Metode dari hulu ke hilir dapat kita artikan sebagai proses mendiagnosis kerusakan kopling dimulai dari gejala yang diuraikan menjadi titik-titik kerusakan. Sementara metode dari hilir ke hulu dapat kami artikan sebagai proses mendiagnosis kerusakan kopling dimulai dari titik kerusakan atau komponen kopling rusak yang diuraikan menjadi gejala-gejala yang terjadi apa bila terjadi kerusakan komponen tersebut.

Metode Mendiagnosis kerusakan kopling

Saya akan menjabarkan dua metode mendiagnosis kerusakan kopling yang saya ciptakan sendiri, mungkin. Ide ini benar-benar keluar dari pemikiran saya, bukan hasil diskusi dengan orang lain. Semoga saja memang benar-benar belum ada yang menciptakannya, agar nanti saya patenkan metode ini. Apa saja metode mendiagnosis ciptaan saya itu, berikut.

1. Metode hilir ke hulu

Metode pertama yang akan kita gunakan dalam mendiagnosis kerusakan kopling kali ini adalah metode hilir ke hulu, artinya kita mulai dari kerusakan komponen. Jika salah satu komponen kopling mengalami kerusakan, apa gejala yang akan ditimbulkannya ? Ini pertanyaan utamanya untuk memulai penguraian menjadi gejala.

Mendiagnosis keruskan kopling dengan metode hilir ke hulu (komponen rusak dan mencari tahu gejala yang akan terjadi). Berikut beberapa contoh mendiagnosis kerusakan kopling yang dimulai dari komponenya yang rusak, antara lain:

2. Metode Hulu ke Hilir

Metode berikutnya dalam mendiagnosis kerusakan kopling adalah metode hulu ke hilir, metode ini adalah metode kenyataan yang akan dihadapi didunia bengkel. Diagnosis dimulai dari gejala-gejala, atau keluhan pelanggan mengenai kendaraannya, khususnya keluhan pada bagian kopling. Sebagai mekanik, anda harus mampu menguraikan gejala atau keluhan kopling ini menjadi titik kerusakan (menentukan kemungkinan beberapa komponen yang rusak).
Mendiagnosis kerusakan kopling dengan metode hulu ke hilir (gejala diurai menjadi titik kerusakan). Berikut beberapa contoh diagnosis kerusakan kopling berdasarkan gejala, yaitu:
3. Kopling selip
4. Kopling bergetar
5. Kopling blong
6. Kopling tidak bebas

Ketika anda mendapati masalah keruskan kopling, gunakan metode diatas untuk mendiagnosis kerusakan kopling dan menemukan sumber masalahnya. Namun, pada tahap ini masih tahap kemungkinan, jadi buatlah sebanyak mungkin kemungkinan kerusakan agar mempermudah menemukan "titik" kerusakan pada kopling.

Mudah, sekali ternyata. Setelah anda memahami teknik mendiagnosis kerusakan kopling, selamat anda siap mendengarkan keluhan pelanggan bengkel kamu mengenai kopling. Terus asah kemampuan itu hingga kamu menjadi profesional.


Penutup Materi Mendiagnosis Kerusakan Kopling

Sekian uraian artikel Materi Mendiagnosis Kerusakan Kopling kali ini, semoga bisa memberi manfaat dan menginspirasi anda semua pembaca blog SMKN1SKL. Baiklah, sampai jumpa pada postingan pembahasa artikel lainnya yang lebih seru dan bagus. Tiada gading yang tak retak, begitu juga dengan artikel kami ini. Lebih dan kurang pada pembahasan Materi Mendiagnosis Kerusakan Kopling ini, kami memohon maaf.

Baru saja anda membaca artikel Materi Mendiagnosis Kerusakan Kopling dengan alamat link https://www.smkn1skl.web.id/2021/03/materi-mendiagnosis-kerusakan-kopling.html

Artikel Materi Mendiagnosis Kerusakan Kopling ini kami arsipkan pada kategori diagnosis. Silahkan anda klik link ini diagnosis untuk melihat beberapa artikel menarik serupa. Terimakasih telah berkunjung.